Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam bidang pendidikan, bantuan siswa berprestasi merupakan bantuan biaya pendidikan yang berfokus kepada mereka yang memiliki prestasi dalam belajar. SMA Negeri 1 Bengkulu Utara adalah salah satu sekolah yang memberikan beasiswa untuk siswa-siswa yang berprestasi. Setiap tahunnya SMA Negeri 1 Bengkulu Utara memilih sekitar 10 siswa yang berprestasi. Dalam proses penentuan siswa berprestasi ada beberapa kriteria yang ditentukan oleh pihak sekolah seperti nilai raport, prestasi akademik/non akademik, kepribadian siswa, kegiatan ekstra kurikuler, dan absensi. Tujuan penelitian ini adalah terbangunnya suatu sistem pendukung keputusan untuk menentukan siswa berprestasi menggunakan metode Analytical Network Process sehingga dapat membantu dalam menentukan siswa yang mendapatkan beasiswa siswa berprestasi. Metode pengembangan sistem pendukung keputusan untuk menentukan siswa berprestasi metode analytic network process ini adalah adalah metode air terjun (waterfall). Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Hasil penelitian dari 54 data siswa untuk menentukan siswa berprestasi dengan metode ANP berdasarkan 5 kriteria yaitu : nilai raport, sertifikat/piagam, nilai kepribadian, ekstrakurikuler siswa, dan absensi. Hasil perhitungan ANP mendapatkan 10 siswa yang berhak mendapatkan beasiswa siswa berprestasi di setiap angkatannya. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox, fungsional sistem telah 100% berhasil bergungsi dengan baik.

 

Kata kunci: SPK, ANP, Penentuan siswa berprestasi, blackbox, web

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Muhammad Iqbal Baskoro, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Asahar Johar, Universitas Bengkulu

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Baskoro, M. I., Andreswari, D., & Johar, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP) Berbasis Web (Studi Kasus SMA Negeri 1 Bengkulu Utara). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.14984

Referensi

  1. C. H. "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan," Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, pp. 184-192, 2014.
  2. K. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi, 2007.
  3. M. Abdillah, I. and R. Hidayati, "Penerapan Metode Analytic Network Process (ANP) Berbasis Android Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kos," Jurnal Coding, Rekayasa Sistem Komputer Untan, pp. 12-22, 2018.
  4. T. Handayani, "Penerapan Analytic Network Process(ANP) Pada Sistem Pendukung Keputusan," Jurnal Transformatika, pp. 73-78, 2017.
  5. R. "ANALISIS PERBANDINGAN METODE ANP DAN SAW DALAM MENENTUKAN MAHASISWA TERBAIK," Jurnal Mantik Penusa, pp. 43-50, 2019.
  6. A. Ohri and P. K. Singh, "Development of Decision Support System for Municipal Solid Waste Management in India," International Journal of Environment Banaras Hindu Univesity 1, 2010.
  7. K. B. Surarso and W. A. Syafei, "Implementasi Metode Analytic Network Prosess Untuk Penentuan Prioritas Penanganan Jalan Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, pp. 105-113, 2016.
  8. R. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2018.