Isi Artikel Utama

Abstrak

SMKN 1 Kota Bengkulu adalah sekolah kejuruan di Kota Bengkulu. Setiap kenaikan kelas kedua untuk jurusan Teknik Komputer dan Informatika akan dilakukan penjurusan ketiga jurusan komputer yang ada yaitu Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia. Penjurusan manual yang dilakukan sekolah selama ini menggunakan kriteria minat siswa dan nilai raport. Penelitian ini bertujuan membangun sistem rekomendasi jurusan kepada siswa dengan pengambilan nilai ujian berbasis Computer Assisted Test. Untuk memberikan rekomendasi jurusan kepada siswa digunakan enam kriteria yaitu nilai ujian jaringan dasar, nilai ujian web dasar, nilai ujian pemograman dasar, nilai ujian desain dasar, rata-rata raport tahun pertama dan nilai kepribadian siswa dengan  menggunakan metode Simple Additive Weighting. Luaran yang dihasilkan berupa hasil rekomendasi jurusan untuk setiap siswa dengan metode Simple Additive Weighting. Dari 97 siswa Teknik Komputer dan Informatika untuk rekomendasi jurusan Teknik Komputer Jaringan sebanyak 37 siswa, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak sebanyak 11 siswa dan jurusan Multimedia sebanyak 49 siswa. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox, fungsional sistem telah 100% berhasil berfungsi dengan baik, terdiri dari 21 halaman dan 14 skenario.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Rusdi Efendi, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Irvan Alfajri, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Efendi, R., Alfajri, I., & Andreswari, D. (2021). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Penempatan Jurusan Siswa Kelas 2 Melalui Computer Assisted Test (CAT) (Studi Kasus SMK Negeri 1 Kota Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i1.15712

Referensi

  1. Wibowo, Nugroho. "Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri." Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2016: 23.
  2. Erniyati, Sri. 2011. Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).
  3. Kusumadewi, Sri. Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006
  4. Rosa, A.S, and M. Shalahudin. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2014.
  5. Mufizar, Teuku , Dede Syahrul Anwar, and Epa Aprianis. "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting)." Jurnal VOI STMIK, 2016: 1-12.