Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi permainan tradisional dam-daman dengan mengimplementasikan algoritma backtracking berbasis java desktop. Algoritma backtracking adalah algoritma yang berbasis pada Depth First Search (DFS) untuk mencari solusi persoalan secara lebih mangkus. Dengan algoritma backtracking, kita tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada, hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan, akibatnya waktu pencarian dapat dihemat. Aplikasi permainan tradisional dam-daman ini juga mendukung multiplayer dengan menggunakan pemrograman socket. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah model waterfall. Sedangkan pada tahap analisa dan perancangan sistem dilakukan dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi permainan tradisional dam-daman yang mendukung single player dan multiplayer.

Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Permainan Tradisional, Algoritma Backtracking, Pemrograman socket.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Funny Farady Coastera, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Ernawati Ernawati, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Apni Nomansa, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Cara Mengutip
Farady Coastera, F., Ernawati, E., & Nomansa, A. (2015). Implementasi Algoritma Backtracking Pada Aplikasi Permainan Tradisional Dam-Daman Berbasis Java Desktop. Rekursif: Jurnal Informatika, 1(3). https://doi.org/10.33369/rekursif.v1i3.230