Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem monitoring tumbuh kembang anak berbasis android dan mengetahui tingkat keakuratan metode Certainty Factor pada sistem. Pada penelitian ini, untuk mengetahui pertumbuhan anak, dengan menggunakan parameter antropometri yaitu umur, jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan dengan menampilkan grafik pertumbuhan berdasarkan berat badan dan berdasarkan tinggi badan yang terdapat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Sedangkan dalam mengetahui perkembangan anak manggunakan Denver Developmental Screening Test (DDST) dengan menerapkan metode Certainty Factor (CF) dalam mengetahui nilai kepercayaan dari hasil klasifikasi perkembangan anak. Parameter yang digunakan yaitu jumlah gagal sektor 1, jumlah gagal sektor 2, jumlah gagal sektor 3, dan jumlah gagal sektor 4 mulai usia 0 bulan sampai 60 bulan. Pengujian hasil eksekusi antarmuka (user interface) dengan black box dinyatakan berhasil dengan tingkat keberhasilan 100%. Dari hasil pengujian validitas sistem menggunakan single decision threshold (one feature) dihasilkan tingkat akurasi untuk pertumbuhan berdasarkan berat badan sebesar 92.25% dan pertumbuhan berdasarkan tinggi badan sebesar 84.27%. Sedangkan tingkat akurasi untuk perkembangan anak sebesar 100%.

 

Kata Kunci : Pertumbuhan Anak, Perkembangan Anak, Antropometri, Denver Developmental Screening Test (DDST), Certainty Factor (CF)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sanitasari, R. D., Andreswari, D., & Purwandari, E. P. (2017). SISTEM MONITORING TUMBUH KEMBANG ANAK USIA 0-5 TAHUN BERBASIS ANDROID. Rekursif: Jurnal Informatika, 5(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v5i1.2518