Isi Artikel Utama

Abstrak

Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan. Salah satunya ialah home industry/ rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Tujuan penelitian ini adalah terbangunnya aplikasi klasifikasi usaha mikro home industry ikan kering menggunakan algoritme Fuzzy C- Means clustering di daerah pesisir Kota Bengkulu berbasis web. Usaha mikro home industry tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yaitu: 1) skala kecil, 2) skala menengah, dan 3) skala besar. Hasil penelitian dari 40 data pengusaha home industry diklasifikasikan menggunakan algoritme Fuzzy C-Means clustering berdasarkan 7 kriteria. Hasil analisis dan perancangan aplikasi klasifikasi usaha mikro home industry ikan kering di daerah pesisir Kota Bengkulu akan semakin mempermudah dalam melakukan pengelompokan data kualitatif usaha mikro home industry tersebut. Model perancangan sistem dengan Unified Modeling Language (UML) mampu menggambarkan dan memperlihatkan proses sistem yang direpresentasikan dalam beberapa model, yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai sistem yang dibuat berdasarkan dengan kebutuhan pengguna.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ferdiansyah, R., Efendi, R., & Susilo, B. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Klasifikasi Usaha Mikro Home Industry Ikan Kering Dengan Algoritme Fuzzy C-Means Clustering di Daerah Pesisir Kota Bengkulu. Rekursif: Jurnal Informatika, 6(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i2.3113

Referensi

  1. Erwin, “SMK dan Usaha Mikro,” 2008.
  2. P2KP,"Mengenal Kelompok Usaha Mikro, 2016.
  3. Ar,Muhammad, “Industri Rumah Tangga,” PT Karya Unipress, Jakarta, 1983.
  4. Muliawan,dkk, “Manajemen Home Industri,”Banyu Media, Yogyakarta, 2008.
  5. Daihuri, Rais, Sitepu, “Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan secara Terpadu,”PT Pramadya Paramita, Jakarta, 1996.
  6. Kusumadewi, Sri, Purnomo Hari, “Aplikasi Logika Fuzzy", Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.
  7. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2014.