Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu aplikasi sebaran objek wisata di kota Bengkulu berbasis android dengan metode analisis tetangga terdekat (nearest neighbour analysis). Pada penerapannya hasil dari aplikasi ini bisa diimplementasikan pada perangkat yang memiliki akselerometer, kompas dan GPS. Data koordinat dan data objek wisata Kota Bengkulu disimpan di SQLite Manager. Aplikasi ini juga memanfaatkan peta dari google maps dalam menunjukkan lokasi pengguna ke lokasi objek wisata di Kota Bengkulu yang dicari. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java for Android dengan IDE Eclipse ADT (Android Developer Tools) dan JDK7. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah model sekuensial linier dan Unified Modeling Language (UML) sebagai perancangan sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang berbasis android pada pencarian objek wisata di Kota Bengkulu.
Kata kunci: Nearest Neighbour Analysis, SQLite Manager, Eclipse, JDK7, Objek Wisata Kota Bengkulu, Android, Google Maps, GPS.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Wisnu Prasetya Utama, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Ernawati Ernawati, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Desi Andreswari, Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu

Program Studi Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu
Cara Mengutip
Prasetya Utama, W., Ernawati, E., & Andreswari, D. (2015). Aplikasi Sebaran Objek Wisata Di Kota Bengkulu Berbasis Android. Rekursif: Jurnal Informatika, 3(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v3i1.318