Isi Artikel Utama

Abstrak

Kota Bengkulu memiliki banyak peninggalan arkeologis yang sangat berpotensial untuk menunjang bidang obyek wisata. Salah satu cara untuk melestarikan dan melindungi bangunan bersejarah tersebut adalah dengan melakukan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun  aplikasi  mobile  AR-HB  (Augmented  Reality  And  Historical Building)  dalam mempromosikan bangunan bersejarah di Kota Bengkulu dan mengimplementasikan  teknologi  Marker  Augmented  Reality  (Marker  Based Tracking) sebagai media pengenalan bangunan bersejarah Kota Bengkulu. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software  Unity  3D dengan bahasa pemrograman C#, database marker Vuforia, pemodelan UML untuk perancangan software dan data marker dari bangunan bersejarah sebagai input. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi AR-HB yang dapat menampilkan bangunan bersejarah yang dilengkapi peta lokasi, informasi bangunan berserjarah serta dokumentasi berupa gambar 360 derajat. Pengujian kelayakan software menggunakan metode white box dan black box dengan beberapa requirement uji. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media promosi dan pengenalan bangunan bersejarah di kota Bengkulu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Okriyanto, M. S., Erlansari, A., & Ernawati, E. (2018). Aplikasi AR-HB (Augmented Reality and Historical Building) Sebagai Media Promosi dan Pengenalan Bangunan Bersejarah Di Kota Bengkulu. Rekursif: Jurnal Informatika, 6(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i2.4268

Referensi

  1. RPJMD, Kota Bengkulu, 2013-2018.
  2. JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia), “Jelajah Sejarah di Kota Bengkulu,” 2015. [Online]. Available: http://www.indonesia-heritage.net/2015/10/jelajah-sejarah-di-kota-bengkulu/. [Diakses 20 01 2017].
  3. Pemerintah Kota Bengkulu, “Tugu Thomas Parr,” 2015. [Online]. Available: http://www.bengkulukota.go.id/pariwisata wisata-sejarah tugu-thomas-parr pg-122.html.. [Diakses 20 01 2017].
  4. Jiwatawa. Arby Rusman, Rosny, Gonydjaja, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Trans Studio Bandung Dengan Menggunakan ARTOOLKIT,” Jakarta, Graha Ilmu, 2012.
  5. W. Komputer, Mudah Membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D, Andi, 2014.
  6. Billinghurst, dalam Spatial Augmented Reality Merging Real and Virtual Worlds”. CRC Press, 2007.
  7. Dewantara, Adi Yoga, Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Gerak Dasar Tari BalI, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, 2013 .
  8. Wiwit, Siswoutomo, PHP Enterprise Kiat Jitu Membangun Web Skala Besar, Jakarta : PT.Elex Media Komputindo, 2005.
  9. J. P. Sari, Ernawati dan A. Erlansari, “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android,” Jurnal Rekursif, vol. 2, p. 84, 2014.