Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membangun sebuah sistem pakar kerusakan alat berat dan mengimplementasikan algoritme A*(Star). Data yang dikelola dalam sistem pakar kerusakan pada alat berat  ini berupa data kerusakan pada alat berat bagian mesin, kelistrikan dan hidrolik dan data masukan untuk mendiagnosa kerusakan pada alat berat yaitu ciri – ciri kerusakan,  dan gejala kerusakan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pakar kerusakan pada alat berat mampu mengimplementasikan Algoritme A*(Star) dalam mendiagnosa kerusakan pada alat berat.Pengujian black box dilakukan terhadap 10 kelas uji dan 37 skenario pengujian yang diujikan dengan hasil 37 skenario uji berhasil 100% dan berjalan sebagaimana semestinya. Pengujian keakuratan sistem dilakukan untuk mengukur hasil pengujian pada sistem ke data yang telah didapat dari pakar pada pengujian yang diujikan 50 data dengan hasil keakrutan data pada sistem dan data dari pakar berhasil 100%  dapat menentukan jenis kerusakan pada alat berat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tampilan dengan kategori sangat baik(47%), variabel kinerja sistem dengan kategori sangat baik (50%) dan variabel kemudahan pengguna dengan kategori sangat baik (50%). Sehingga secara keseluruhan disimpulkan bahwa aplikasi termasuk dalam kategori sangat baik (skor 4,46 dari skala 5,00)

Kata Kunci: Kerusakan, A*(Star), Alat Berat,  Diagnosa kerusakan, dan pengujian

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Enggy Mahlian Dony, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Ernawati Ernawati, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Endina Putri Purwandari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Dony, E. M., Ernawati, E., & Purwandari, E. P. (2019). Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Pada Alat Berat Dengan Impelementasi Algoritme A*(STAR). Rekursif: Jurnal Informatika, 7(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i1.4269

Referensi

  1. A. Kholil, Alat Berat, Yogyakarta: Rosda, 2012.
  2. Siswanto, Kecerdasaj Tiruan Edisi 1, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010 .
  3. Suyanto, Artificial Inteligence, Bandung: Informatika, 2014.
  4. M. Elnaz, IMPLEMENTASI ALGORITMA A*(STAR) PADA SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JERUK.Skripsi, Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2015.
  5. S. Kusumadewi, Artificial intelligence (teknik dan aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
  6. H. A. Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2007.