Isi Artikel Utama

Abstrak

Bangunan komersial merupakan bangunan gedung yang dalam perancangannya perlu mempertimbangkan berbagai aspek baik dari sisi tampilan bangunan, pertimbangan efisiensi, dan keamanan. Gempa bumi mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap bangunan sehingga harus diperhitungkan dengan benar dalam perencanaan struktur tahan gempa agar tidak terjadi kerusakan apabila terjadi gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem pakar yang dapat mempermudah dalam menganalisa perancangan bangunan komersial ruko tahan gempa di Kota Bengkulu.Sistem pakar yang dibangun menggunakan metode certainty factor ini, bekerja dengan cara sistem menampilkan pertanyaan yang digunakan sebagai parameter dan akan dipilih oleh pengguna, dimana setiap jawaban pengguna tersebut mempengaruhi hasil konsultasi dan sistem tersebut menghasilkan output berupa model perancangan yang terpilih, informasi model perancangan dan nilai kepercayaan (Certainty Factor).Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dan pengujian fungsional sistem dengan menggunakan metode Black Box telah berhasil 100 % dengan skenario yang telah dibuat dan berdasarkan keakuratan sistem yang telah dilakukan menggunakan 45 data model menghasilkan akurasi sebesar 100%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Cahyanti, R., Andreswari, D., & Islam, M. (2018). Implementasi Sistem Pakar Dalam Menganalisa Perancangan Bangunan Komersial Ruko Tahan Gempa Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor (Studi Kasus: Kota Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 6(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v6i2.4877

Referensi

  1. REFERENSI
  2. O. E. Putra, "Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Analisa Perencanaan Pembangunan Rumah Ramah Gempa," Jurnal Teknologi Fakultas Teknologi Industri, Volume 3, No.2, pp. 59-68.
  3. E. R. Hartuti, Buku Pintar Gempa, Yogyakarta: Diva Press, 2009.
  4. D. R. Teruna, Perencanaan Bangunan Tahan Gempa Dengan Menggunakan Base Isolator (LRB), Prosiding Seminar dan Pameran Haki 2007, 2007.
  5. E. Marlina, Panduan Perancangan Bangunan Komersial, Andi, 2008.
  6. Subakti, Sistem Berbasi Pengetahuan, Surabaya: ITS Jurusan Teknik Informatika, 2006.
  7. Sutojo, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi, 2010.
  8. D. Heckerman, The Certainty-Factor Model, New York: Wiley, 1992.
  9. E. Turban, Decision Support System and Expert System, Prentice Hall, 1995.
  10. R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori, Yogyakarta: Andi, 2012.
  11. Daniel and Virginia, "Implementasi SIstem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor," Jurnal Informatika, pp. 26-36, 2010.
  12. Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2001.
  13. M. Subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
  14. R. A. S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika Bandung, 2014.
  15. Y. Hervianti, Pengembangan Edugame Mitigasi Bencana Alam Gempa BumiBerbasis Android, Bengkulu: Universitas Bengkulu, 2016.