Isi Artikel Utama

Abstrak

Ketidakpahaman diabetesi mengenai penyakit Diabetes Mellitus merupakan suatu kendala pengobatannya. Diabetesi harus memperhatikan pola makanan, bisa mengotrol makanan yang dikonsumsi sehari-hari dianjurkan untuk melakukan diet sesuai kebutuhan, makanan yang rendah karbohidrat dan lemak, namun tinggi protein, vitamin dan mineral. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun suatu aplikasi yang memberikan kemudahan kepada pengguna (ahli gizi) dalam mengatur menu makanan diet penyandang diabetes mellitus guna memperoleh status gizi seimbang menggunakan metode Naïve Bayes, Simple Additive Weighting. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem ini dapat digunakan oleh ahli gizi untuk membantu menentukan menu diet harian yang sesuai dengan kebutuhan gizi pasien, dengan nilai akurasi best alternative sebesar 85%. Metode Naive Bayes dan Simple Additive Weighting (SAW) yang diimplementasikan pada sistem ini memberikan hasil yang optimal. Berdasarkan 40 sampel data penderita penyakit diabetes mellitus yang diuji cobakan dengan Sistem Pendukung keputusan penentuan menu diet, hasil kebutuhan gizi menggunakan metode perhitungan gizi pada sistem 100% sama dengan hasil secara perhitungan manual.

Kata Kunci: Diet, Diabetesi, Diabetes Mellitus, Naïve Bayes, Simple Additive Weighting.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Selfi Ristiarini Nasution, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Tetes Wahyu, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Nasution, S. R., Andreswari, D., & Wahyu, T. (2019). Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Pemilihan Menu Diet Penyakit Diabetes Mellitus. Rekursif: Jurnal Informatika, 7(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i1.5887

Referensi

  1. Dennis Alan, Tegarden David dan Wixom Barbara Haley Systems Analysis and Design: An Object Oriented Approach with UML, 5th Edition [Buku]. - WILEY : [s.n.], 2015.
  2. Dr. Sunita Almatsier M.Sc Penuntun Diet [Buku]. - jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.
  3. Fatta H.A Analisis dan Perancanangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern [Buku]. - Yogyakarta : ANSI, 2007.
  4. Kusrini Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan [Buku]. - [s.l.] : Andi, 2007.
  5. Kusumadewi Hartati, Harjoko, & Wardoyo Fuzzy Multi Attribut Decision Making (Fuzzy MADM ) [Buku]. - Yogyakarta : Graha Ilmu : [s.n.], 2006.
  6. Kusumadewi Sri klasifikasi status gizi menggunakan naive bayes classification [Jurnal]. - yogyakarta : 1 mei, 2009. - Vol. 3.
  7. Pender UML Weekend Crash Cours [Buku].
  8. America : United State Of America, 2002.