Isi Artikel Utama

Abstrak

Analitical Hierarchie Process (AHP) merupakan sistem pembuat keputusan dengan menggunakan model matematis. Kabupaten Rejang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang kaya akan tempat wisata dan memiliki destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang memuat seluruh informasi tempat wisata yang  diharapkan  dapat  digunakan  untuk  mendapatkan  informasi  dan pendukung keputusan pemilihan objek wisata secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk pemilihan objek wisata dengan mengimplementasikan metode  Analitical Hierarchie Process  dan memberikan gambaran virtual reality .  Untuk menentukan rating dari setiap objek wsiata dengan metode  Analitical Hierarchie Process, data alternatif wisata yang dimasukan ke sistem ada 20 objek wisata dan 4 kriteria yang digunakan, yaitu biaya masuk, fasilitas, jarak dan tahun berdiri yang bisa di akses melalu website dan dilengkapi dengan gambaran virtual reality . virtual reality  bertujuan untuk dapat lebih leluasa melihat yang ada di sekitar objek wisata secara virtual. Pengujian fungsional pada sistem ini menggunakan Black Box Testing dan pengujian ini mendapatkan nilai keberhasilan fungsional sistem sebesar . Sistem ini juga telah melakukan pengujian kualitatif menggunakan kuesioner sebagai tolak ukur keberhasilan sistem untuk pengguna. Kuesioner ditujukan kepada 30 orang masyarakat umum, ada 8 pertanyaan 4 tentang tampilan pesentase 86,66 %, dan 4 tentang kemudahan pengguna pesentase 78,33% sehingga sistem bisa dikatakan berhasil.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Wisata, Website, , Analitical Hierarchie Process, Vitrual Reality

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Edo Koriska, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Asahar Johar, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika
Cara Mengutip
Koriska, E., Andreswari, D., & Johar, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata Dengan Metode Analitical Hierarchie Process (AHP) Di Kabupaten Rejang Lebong Berbasis Website Dan Virtual Reality 360 (Studi Kasus: Objek Wisata Rejang Lebong). Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i2.7096

Referensi

  1. Turban, Liang, Aronson, & E, J, “Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.,” 2005.
  2. T. L. Saaty, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, Proses Hirarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan dalam situasi yang Kompleks., Jakarta: PT. Pustaka Bidaman Pressindo, 1993.
  3. Fakhrurezi, “Perancangan Aplikasi Virtual Tour Universitas Bengkulu Dengan Pemodelan Objek 360,” Jurnal Informatika, 2016.
  4. Moore, J. h., & M. g. Chang, Design of Decision Support Systems, Data Base 12(1-2)., 1980.
  5. F. K. S. Alexander, Web Programming Power Pack, Yogyajarta: Mediakom, 2014.
  6. S. M dan A. R, Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung: Informatika Bandung, 2014.