Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengambilan keputusan dalam menentukan pemenang tender proyek bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap instansi yang mengadakan tender proyek, khususnya pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu. Alasannya dikarenakan pihak panitia masih melakukan proses perhitungan maupun penilaian masih belum adanya sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) dalam menentukan pemenang tender proyek pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh instansi. Tujuan penelitian menggunakan metode MFEP tersebut adalah untuk meminimalisir kesalahan atau ketidaksesuaian yang terjadi dalam proses perhitungan data dalam jumlah yang banyak. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa metode MFEP dapat digunakan dalam proses penentuan pemenang tender proyek  pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu dengan hasil yang diharapkan, serta pengujian dengan membandingkan hasil perhitungan secara manual dengan perhitungan menggunakan sistem menunjukkan persentase tingkat keakurasian sistem sebesar 99,99% dan pengujian fungsional sistem dengan menggunakan metode Black Box telah berhasil 100 % dengan skenario yang telah dibuat.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pemenang Tender Proyek, Metode MFEP

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Rizka Yulia Ningsih, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Asahar Johar, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika
Cara Mengutip
Ningsih, R. Y., Andreswari, D., & Johar, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemenang Tender Proyek Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) (Studi Kasus: Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Provinsi Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i2.7133

Referensi

  1. Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Pendukung Keputusan. Yogyakarta : ANDI.
  2. ULP Pengadaan Bengkulu, Pokja 07 P2JN Bengkulu. (2016). Dokumen Seleksi Pengadaan Jasa Konsultansi. Bengkulu : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
  3. Anonimous. (2010). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jakarta : Penerbit Visimedia.
  4. Render, B. and Stair, M.R, Jr. (2002). Quanitative Analysis for Management, 7th Edition , New York: Prentice Hall.
  5. Dahria, M., Ishak, dan Umi, Y.F. (2014). Pendukung Keputusan Seleksi Calon Polri Baru Di Polda Kota Medan Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process.