Isi Artikel Utama

Abstrak

Untuk menentukan layak atau tidaknya pemohon pembiayaan Griya IB Hasanah pada PT. Bank BNI Syariah adalah berdasarkan karakter pribadi pemohon yang baik atau tidak dan berdasarkan kemampuan pemohon dalam membayar angsuran kredit. Sehingga penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Basisdata Fuzzy Tahani dengan Pembobotan Entropy untuk membantu memberikan alternatif keputusan kepada PT. Bank BNI Syariah Cabang Bengkulu dalam menentukan penerimaan calon nasabah pembiayaan Griya IB Hasanah. Kriteria dasar yang digunakan dalam seleksi penerima Griya IB Hasanah menggunakan indikator 5C yang terdiri dari Character (KTP, NPWP), Capacity (Pekerjaan Nasabah, Pekerjaan Pasangan, Gaji Total Nasabah), Capital (Penghasilan Usaha Nasabah), Colateral (Nilai Agunan, Jarak Agunan), Condition (Lama Usaha/Masa Kerja). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan dengan mengimplementasi metode Basis Data Fuzzy Tahani dan metode pembobotan Entropy yang mampu memberikan informasi nasabah yang layak mendapatkan pembiayaan berdasarkan tingkat kepentingan dan prioritas masing-masing. Pengujian menggunakan metode Blackbox, fungsional sistem telah 100% berhasil berfungsi dengan baik, dinilai dari 8 halaman dan total 29  skenario.

Kata Kunci : Metode Basis Data Fuzzy Tahani, Pembobotan Entropy, Sistem Pendukung Keputusan, PT. Bank BNI Syariah.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Saputra Bhakti Wijaya, Universitas Bengkulu

Program Studi Infomatika

Rusdi Efendi, Universitas Bengkulu

Program Studi Infomatika

Aan Erlansari, Universitas Bengkulu

Program Studi Infomatika
Cara Mengutip
Wijaya, S. B., Efendi, R., & Erlansari, A. (2019). Implementasi Metode Basis Data Fuzzy Tahani Dengan Pembobotan Entropy Dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Pembiayaan Murabahah Griya IB Hasanah. Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i2.8048

Referensi

  1. A.S, R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  2. A.S & Shalahudin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.
  3. A.S, R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  4. A.S, R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  5. Fatta, H. A. (2007). Analisis & Perancangan SIstem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
  6. Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
  7. Fikri, M. H. (2016). Pelaksanaan Pembiayaan Murabahah Berdasarkan Prinsip Ekonomi Syariah. Lampung: Universitas Lampung.
  8. Oktavia, Y. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pembelian Mobil Bekas Menggunakan Metode Multi-Factor Evaluation Process (MFEP) dan Basis Data Fuzzy Tahani. Bengkulu.