Isi Artikel Utama

Abstrak

Penanggulangan bencana yang baik harus terintegrasi ke dalam sektor pendidikan, karena pendidikan menjadi salah satu faktor penentu dalam kegiatan pengurangan risiko bencana. Menerapkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran bencana tanah longsor merupakan alternatif media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran bencana tanah longsor dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh aplikasi ini terhadap aspek pemahaman akan bencana longsor. Aplikasi ini menyediakan interaksi dari teknologi augmented reality yang dapat menunjang pembelajaran bencana tanah longsor serta menyediakan soal-soal evaluasi pembelajaran.

Kata Kunci : Bencana Tanah Longsor, Augmented Reality, ARLONG, Android, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ricky Sadewa, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika

Aan Erlansari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika
Cara Mengutip
Sadewa, R., Andreswari, D., & Erlansari, A. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Sekolah Dasar. Rekursif: Jurnal Informatika, 7(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v7i2.9025

Referensi

  1. BNPB, "Badan Nasional Penanggulangan Bencana," 2017. [Online]. Available: http://dibi.bnpb.go.id/. [Accessed 3 Maret 2019].
  2. L. a. J. B. Benson, Child-led Disaster Risk Reduction : A Practical Guide, Jakarta: Save The Children Foundation, 2006.
  3. Rusman, D. Kurniawan and C. Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
  4. R. Roedavan, "Unity Tutorial Game Engine," INFORMATIKA, Bandung, 2014.
  5. A. Suhandi, "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL PADA PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MEMINIMALKAN MISKONSEPSI," Jurnal Pengajaran MIPA, vol. 13, p. 36, 2009.
  6. U. S. Ella Yulaelawati, Mencerdasi Bencana, 1st ed., Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2008.