Isi Artikel Utama

Abstrak

 Tanah merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan, baik itu dalam bidang pertanian, perkebunan maupun industri. Tanah dapat digolongkan kedalam beberapa jenis, dimana setiap jenis memiliki ciri-ciri. Oleh karena itu, maka diperlukan upaya untuk menentukan atau mengklasifikasikan jenis-jenis tanah tersebut. Penelitian ini  bertujuan  untuk menghasilkan sistem pakar klasifikasi taksonomi tanah tingkat ordo dan sub ordo menggunakan metode forward chaining berbasis web. Jenis tanah yang terdapat pada sistem  sebanyak 76 jenis tanah beserta ciri-ciri yang ada pada tingkat ordo dan sub ordo. Sistem pakar ini dibuat menggunakan MySQL sebagai database, PHP (Hypertext Preprocessor) untuk bahasa pemrograman dan UML (Unified Modeling Languange ) sebagai pemodelan perancangan perangkat lunak (software). Pengujian sistem dilakukan dengan dua tahap yaitu Black Box Testing dan Pengujian Sistem Pakar, sedangkan untuk pengujian kelayakan sistem menggunakan Skala Likert. Jumlah responden yang diajukan sebanyak 20 orang, kuesioner terdiri atas 12 pertanyaan. 4 tentang tampilan sistem 2 tentang kemudahan pengguna dan 6 tentang kinerja sistem. Dilihat pada persentase masing-masing kategori yaitu jawaban Tidak Baik (TB) sebesar 0%, Kurang Baik (KB) sebesar 11,94 %, Baik (B) sebesar 70,00%, dan Sangat Baik (SB) sebesar 18,06%. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa kategori Baik (B) memiliki persentase paling besar yaitu 70,00%. Jadi Aplikasi Sistem Pakar Klasifikasi Taksonomi Tanah Tingkat Ordo dan Sub Ordo Menggunakan Metode Forward Chaining termasuk ke dalam kategori yang baik dan layak untuk digunakan lebih lanjut oleh pengguna.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Dicky Pinoza, UNIVERSITAS BENGKULU

inversitas bengkulu
Cara Mengutip
Pinoza, D., Ernawati, E., & Prawito, P. (2020). SISTEM PAKAR KLASIFIKASI TAKSONOMI TANAH TINGKAT ORDO DAN SUB ORDO MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB. Rekursif: Jurnal Informatika, 8(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i1.9627

Referensi

  1. Arhami, M. (2005). Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi.
  2. Dharmawidjaya, I. (1990). Klasifikasi Tanah, Dasar Teori Bagi Peneliti Tanah dan Pelaksanaan Pertanian di Indonesia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
  3. Hardjowigeno. (1993). Klasifikasi Tanah dan Podogenesis. Jakarta: Akademika Pressindo.
  4. Hardjowigeno, S. (1986). Ilmu Tanah. Jakarta: Akademika Presindo.
  5. Heryanto I, R. B. (2010). Modul Pemrograman WEB. Bandung: Modula.
  6. Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI.
  7. Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence ( Teknik dan Aplikasinya ). Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Primajati, A. (2014). Aplikasi Sistem Taksonomi Tanah Kategori Tinggi Berbasis VB.NET . Surabaya: Aji Primajati.
  9. Rosa, & Salahudin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
  10. Saragih, J. (2009). Klasifikasi Tanah di Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo Menurut Keys To Soil Taxonomy 2006. Medan: Jameslin Saragih.
  11. Staff, S. S. (1999). KUNCI TAKSONOMI TANAH. Bogor: USDA.