Isi Artikel Utama

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu usaha untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran kepada peserta didik dalam pengembangan potensi dirinya Ilmu tajwid adalah dasar untuk membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, serta ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an. Jadi dalam membaca Al-Qur’an harus tepat dan benar lafal pengucapannya sesuai aturan yang sah, karena jika salah dalam membaca atau melafalkannya akan memberi arti yang berbeda.. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran ilmu tajwid untuk anak 5–10 tahun melalui perangkat berbasis android “sehingga dengan adanya aplikasi ini di harapkan memiliki desain yang menarik , serta fitur– fitur yang lengkap dan memiliki materi–materi dan contoh hukum bacaan serta pengucapannya yang mudah di fahami oleh anak serta dapat membuat anak-anak memahami ilmu tajwid sedari sejak kecil. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran ilmu tajwid untuk anak 5–10 tahun yang dapat menampilkan huruf-huruf hijaiyah yang disertai cara pengucapannya dan cara mengucapkannya, hukum-hukum ilmu tajwid yang terdiri dari hukum nun mati/tanwin, qalqalah dan hukum mad, permaian sebagai bahan evaluasi anak. Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berhasil meningkatkan pemahaman anak terhadap ilmu tajwid sebesar 57,9%. Pengujian kelayakan aplikasi menggunakan metode white box dan black box dengan beberapa requirement uji. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, secara fungsional aplikasi sudah sesuai, layak, dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran ilmu tajwid dan berada dalam katagori “Sangat Baik”.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ashadiqhi, M. H., Erlansari, A., & Coastera, F. F. (2020). APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID. Rekursif: Jurnal Informatika, 8(1). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i1.9641

Referensi

  1. Nurhidayah, H. M. d., 2010. Rancangbangun Multimedia Pembelajaran Ilmu Tajwid Guna Peningkatan Pemahaman Cara Membaca AlQur’an. education and science.
  2. Edy Winarno, A. Z. d. S. C., 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  3. Safaat, N., 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tabelt PC Berbasis Android. Bandung: s.n.
  4. Yulianto, N., 2012. Pembuatan Game 3 Dimensi Lost In The Jungle Dengan Menggunakan Unity 3D Game Engine. Naskah Publikasi-Teknik Informatika. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.
  5. Zurkasyi, 2003. Pembelajaran Tajwid Qaedah Bagaimana Mestinya Membaca AlQuran Untuk Pembelajaran Permulaan . In: Surabaya : Trimurti.
  6. Nurhidayah, H. M. d., 2010. Rancangbangun Multimedia Pembelajaran Ilmu Tajwid Guna Peningkatan Pemahaman Cara Membaca Al-Qur’an. education and science