Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Abstract
Evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu unsur penting dalam mengantarkan peserta didik mampu berbahasa dan bersastra Indonesia. Kemampuan berbahasa dan bersastra, meliputi empat keterampilan berbahasa yang dinilai sebagai kemampuan berbahasa yaitu, (1) kemampuan menyimak, (2) kemampuan berbicara, (3) kemampuan membaca, dan (4) kemampuan menulis. Tujuan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah agar peserta didik memiliki kemampuan reseptif, produktif, dan kesastraan. Selain itu, tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran, baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, sumber belajar, lingkungan maupun sistem penilaian.
Kata kunci: evaluasi pembelajaran, reseptif, produktif, bahasa dan sastra IndonesiaReferences
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pemebelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Bach, K. & R.M. Harnish. (1979). Linguistic Communication and Speech acts. Cambridge: Cambridge University Press.
Brown, H. D. (2008). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (Terjemahan). San Fransisco: San Fransisco State University.
Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : PT. Indeks.
Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidik SMA. Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moody, H. L. B. (1979). The Teaching of Literature. London: Longman Group Limited.
Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274. http://repository.unib.ac.id/11133/
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Sulaeman, A., & Dwihudhana, W. (2019). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada Mahasiswa Semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2(1), 68. doi:10.31540/silamparibisa.v2i1.327