Penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Industri Kreatif untuk Memudahkan Transfer Knowledge Berpikir HOTS di MAN Insan Cendekia

Desmi Yati(1),
(1) MAN Insan Cendekia Bengkulu, Indonesia

Abstract


Dalam dunia pendidikan sangat membutuhkan peranan dari kemajuan teknologi informasi karena akan memperoleh manfaat yang luar biasa. Dampak yang luar biasa dan sedemikian luas tersebut telah memberikan warna atau wajah baru dalam sistem pendidikan dunia, terutama di MAN Insan Cendekia Bengkulu yang notabene siswa-siswinya sangat kreatif dalam penggunaan teknologi informasi. Teknologi informasi ini dikenal dengan berbagai istilah, yaitu e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan  virtual class room, dimana  semua  terminologi tersebut mengacu pada pengertian yang sama yakni pendidikan berbasis teknologi informasi yang penggunaanya diharuskan memiliki skill atau keterampilan Hight Order Thingking Skill (HOTS).  Lembaga  pendidikan saat ini akan segera  memperkenalkan  dan memulai penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi  sebagai basis pembelajaran yang lebih mutakhir. Hal ini menjadi penting mengingat penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu faktor penting yang memungkinkan kecepatan transformasi  ilmu  pengetahuan  kepada peserta  didik,  generasi  bangsa  ini  secara  lebih luas. Dalam konteks yang lebih spesifik, dapat dikatakan bahwa kebijakan penyelenggaraan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat harus mampu memberikan akses pemahaman dan penguasaan teknologi mutakhir yang luas kepada peserta didik. Teknologi informasi berfungsi untuk memperkecil kesenjangan penguasaan teknologi mutakhir khususnya dalam dunia pendidikan. Pembangunan pendidikan berbasis teknologi informasi setidaknya memberikan dua keuntungan, yaitu: 1) sebagai pendorong komunitas pendidikan (termasuk guru) untuk lebih apresiatif dan proaktif dalam memaksimalkan potensi pendidikan dan 2) memberikan kesempatan luas kepada peserta didik memanfaatkan setiap potensi yang ada dan dapat diperoleh dari sumber-sumber yang tidak terbatas. Karya ilmiah ini akan membahas sisi-sisi perubahan di  dalam  dunia  pendidikan khususnya pada proses pembelajaran dengan adanya kemajuan teknologi informasi serta tinjauan dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya.

Kata kunci: teknologi informasi, berbasis insdustri kreatif, transfer knowledge, HOTS

References


Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. doi:10.30812/matrik.v18i2.411

Anwas, E Oos M. (2003). Model Inovasi E-Learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Asep, Saepudin. (2003). Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Masyarakat. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Balqis, Umi Syarifah. (2009). “Implementasi Teknologi Informasi dalam Manajemen Berbasis Sekolah di MA Ali Maksum Krapyak Bantul Yogyakarta”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hartanto, Antonius Aditya & Purbo, Onno W. (2002). Buku Pintar Internet: Teknologi E-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274. http://repository.unib.ac.id/11133/

Notodirojo, KMRT & Roy, Suryo (2005). “Teknologi Internet Mobile, Seminar Nasional Internet Mobile”. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi – UKSW.

Rosenberg, M. J. (2001). E-learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York: McGraw-Hill.

Soekartawi (2003). Prinsip Dasar E-learning: Teori dan Aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Suripto, dkk. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Dampaknya dalam Dunia Pendidikan. Makalah Seminar-Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik untuk Semua.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 31 dan SK Mendiknas No.107/U/2001 tentang Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ)


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.