Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Hayya

Authors

  • Dharma Wijaya Universitas Bengkulu

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa sehingga memiliki dan menerapkan nilai-nilai tersebut sangat penting dalam kehidupan peserta didik sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang relegius, produktif, dan kreatif. Kementerian Pendidikan Nasional telah merumuskan 18 nilai karakter yang akan ditanamkan dalam diri peserta didik sebagai upaya membangun karakter bangsa. Media komunikasi yang efektif dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat adalah film. Film yang memberikan pembelajaran untuk mendukung dunia pendidikan adalah film Hayya. Nilai pendidikan karakter yang tergambar di film ini sangat mendukung untuk menambah pengetahuan bagi khalayak, pendidik, dan peserta didik. Untuk itu, pembahasa ini hanya memberi gambaran tentang bagaimana menganalisis nilai pendidikan karakter dalam film Hayya.

Kata kunci: pendidikan karakter, media komunikasi, film Hayya

Author Biography

Dharma Wijaya, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu

References

Afrinaldi. (2019). Masalah Pendidikan dan Pemecahan Masalah Pendidikan. doi:10.31227/osf.io/v368p

Aqib, Zainal dan Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Firdaus, F. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Anjuran Makan dengan Tiga Jari. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 164. doi:10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1043

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Puskur-Balitbang. Kemdiknas.

Khan, Yahya. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lickona. Thomas. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.

Susanti, A., & Asyari, I. (2017). Nilai Pendidikan dalam Film Alangkah Lucunya Negeri Ini. MEDIAKOM, 1(1). doi:10.32528/mdk.v1i1.678

Zamroni. (2003). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: BIDRAF Publishing.

Published

2020-02-10