Mengoptimalkan Kearifan Lokal pada Matakuliah Apresiasi Drama

Dian Ramadan Lazuardi(1), Agung Nugroho(2),
(1) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
(2) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul Apresiasi Drama berbasis kearifan lokal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau dan (2) Menjelaskan bahwa Modul Apresiasi Drama Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau sudah valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. Penelitian ini menghasilkan produk baru berupa Modul Apresiasi Drama Berbasis Kearifan Lokal dan sudah teruji  tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Berdasararkan hasil penelitian, diketahui bahwa kevalidan modul sebesar 81,25%, kepraktisan modul menunjukkan kepraktisan yang baik diketahui dari uji kecil, sedang, dan besar. Sedangkan keefektifan bahan ajar diketahui sebanyak 6 orang 30% memperoleh nilai sangat baik (A) dengan skor 80-100, sebanyak 9 orang 45% yang memperoleh nilai 66-79 dengan kategori baik (B),  memperoleh nilai cukup (C)  1 orang atau 5% dengan skor 58, dan mahasiswa yang memperoleh nilai kurang (D) sebanyak 4 orang atau 20% dengan rentang nilai 46-55. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar matakuliah Apresiasi Drama berbasis kearifan lokal sidah valid, praktis, dan efektif bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau.

Kata kunci: optimalisasi, kearifan lokal, apresiasi drama

References


Amri, U., & Damaianti, V. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Bermain Drama melalui Teater Tradisional Randai Berbasis Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Apresiasi Drama. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 189. doi:10.17509/eh.v8i2.5141

Arifin, dkk. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referansi. Jakarta: PT Grasindo.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Waluyo, Herman J. 2003. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha.

Wijana, N. 2015. Pengaruh Pengintegrasian Penidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal ke dalam Materi Ajar Mata Kuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4 (2).


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.