Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana

Febby Pebrianti(1),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Guru perlu membuat media pembelajaran yang tepat agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran tersebut dapat dibuat secara sederhana tanpa harus menggunakan teknologi canggih. Salah satunya media gambar diam, grafik, bulletin board, relia, poster, dan chart karena media pembelajaran ini yang dapat digunakan dengan cara memperhatikan gambar dan memberi siswa situasi-situasi yang menyenangkan, tidak membosankan, dan mudah untuk mengekspresikan ide-ide dan perasaan. Materi juga harus dirancang secara lebih sistematis dan psikologis dilihat dari segi prinsip-prinsip belajar agar dapat menyiapkan instruksi yang efektif. Media pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan perorangan siswa. Dengan harapan guru yang kreatif mampu menghasilkan pembelajaran yang maksimal melalui media sederhana.

Kata kunci: kemampuan, guru kreatif, media pembelajaran sederhana

References


Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewey, John. (1944). Democracy and Education. New York: The Free Press.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 274. http://repository.unib.ac.id/11133/

Sadiman, A., dkk. (2003). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.