Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Fenny Eka Mustikawati Universitas Bengkulu

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi hampir mempengaruhi semua sendi kehidupan manusia. Masyarakat cenderung menggunakan teknologi untuk mencari informasi melalui internet. Beragam informasi yang terkini yang ada di internet dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran. Kahoot dapat menjadi media pembelajaran bersama di kelas dengan bantuan koneksi internet. Kahoot bisa menjadi media pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan kebutuhan generasi digital. Kahoot juga bisa meningkatkan minat dan mendukung gaya belajar generasi digital.

Kata kunci: Kahoot, media pembelajaran, bahasa Indonesia

Author Biography

Fenny Eka Mustikawati, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP, Universitas Bengkulu

References

AECT. (1977). The Definition of Educational Technology. Washington : Association for Educational Communication and Technology.

Ainina, A. I. 2014. Pemanfaatan Media Audio Visual sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3 (1), Universitas Negeri Semarang.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Harlina, Nor. Z. M., & Ahmad, A. (2017). Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad ke-21. Seminar Serantau, 627–635. Diunduh 20 Oktober 2019 dari https://seminarserantau2017.files.wordpress.com/2017/09/74-harlina-binti-ishak.pdf

Muhson, A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8 (2).

Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Paju, A. R. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Internet terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan di Denpasar. Journal of Business and Banking, 1(1), 61. doi:10.14414/jbb.v1i1.153

Putra, E. I. 2013. Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi interaktif. Jurnal Teknoif, 1 (2).

Suryani, N., Setiawan, A., Putria, A. 2018. Metode Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Rosda Karya.

Yamin, M. 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.

Published

2020-02-10