Pemertahanan Bahasa Jawa di Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas

Inda Puspita Sari(1), Didik Riswanto(2), Didik Riswanto(3),
(1) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
(2) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
(3) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemertahanan bahasa Jawa di Desa Sukarena dan pemertahanan bahasa Jawa dalam ranah keluarga dan ranah transaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Sukarena pada golongan anak-anak dan remaja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik angket. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dengan kategorisasi, interpretasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemertahanan bahasa Jawa di Desa Sukarena dapat dilihat dari deskripsi hasil observasi bahwa masyarakat dusun satu masih mempertahankan bahasa Jawa, 2) deskripsi hasil wawancara menunjukkan pemertahanan bahasa Jawa pada golongan anak-anak masih mempertahankan bahasa Jawa pada tingkatan bahasa Jawa Ngoko, 3) deskripsi hasil wawancara pada golongan remaja menunjukkan adanya pemertahanan bahasa Jawa Ngoko dalam ranah transaksi dan ranah keluarga, dan 4) deskripsi dengan teknik angket menunjukkan hasil presentase 88,37% termasuk kategori baik dalam mempertahankan bahasa Jawa.

Kata kunci: pemertahanan bahasa Jawa, ranah keluarga, ranah transaksi

References


Aslinda dan Syafyahya, L. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Chaer, A. & Agustina. (2010). Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Noermanzah, N. (2017). A 1.4 Year Old Child Language Acquisition (Case Study on a Bilingual Family). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.14710/parole.v5i2.154

Puspitasari, L. (2018). Sikap Pemertahanan Bahasa Daerah pada Siswa dan Lingkungan di Desa Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas pada Ranah Keluarga dan Sekolah. STKIP-PGRI Lubuklinggau (Skripsi).

Rahman, A. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 SD Inpres Maki Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Alaudin: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2).

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Syahriyani, A. (2017). Pemertahanan Bahasa Jawa dialek Banten pada Guyub Tutur di Kelurahan Sumur Pecung Serang. Buletin Al-Turas, 23(2). doi:10.15408/bat.v23i2.5342


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.