Penerapan Strategi Flower Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Semester III Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Bengkulu

Authors

  • Kasmaini Kasmaini Universitas Bengkulu
  • Dedi Sofyan Universitas Bengkulu
  • Zahrida Zahrida Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis mahasiswa semester III Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB dengan menerapkan strategi flower writing. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Instrumen  penelitian ini adalah lembar observasi, fieldnote, dan tes. Hasil observasi menunjukkan peningkatan penguasaan dalam pemakaian strategi flower writing dari siklus satu sampai siklus ketiga. Dari fieldnote diketahui adanya peningkatan kegiatan yang merujuk ke penguasaan strategi flower writing dalam meningkatkan kualitas tulisan dari siklus ke siklus. Sedangkan tes yang dilakukan di akhir setiap siklus memperlihatkan kenaikan nilai rata-rata tulisan mahasiswa yang dari siklus 1 sebesar 77, meningkat di siklus 2 sebesar 79, dan meningkat pada siklus 3 sebesar 83. Dari tindakan dalam tiga siklus ini terlihat adanya peningkatan kemampuan menulis mahasiswa semester III Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB dengan menggunakan strategi flower writing.

Kata kunci: strategi flower writing, kemampuan menulis

Author Biographies

Kasmaini Kasmaini, Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Bengkulu

Dedi Sofyan, Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Bengkulu

Zahrida Zahrida, Universitas Bengkulu

Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Bengkulu

References

Burton. (2006). The Fower Writing Strategi. Boston: Pearson Education, Inc.

Creswell. J. W. 2005. Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Reserach, Second Edition. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Dewinta. (2013). Teaching Writing Descriptive Text by Using Flower Writing Strategy at Junior High School. Malang, (Thesis).

Emilia, E. (2005). “ The Effectiveness of Genre Based Approach In Academic Teaching Writing at a State University in West Java”, (online), (http://curry, Edschool.Sydney. edu/epltt/genrebasedapproach.Html, Retrieved on January 3rd 2019 at 8.oo am)

Jones, R. N. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kemmis & Robin. (1988). The Action Research Planner. Sydney: Deakin University Press.

Mulyadi. (2014). Teaching Writing Descriptive Text by Using Flower Writing Strategy and Corps Strategy at Junior High School. Yogyakarta (Thesis).

Noermanzah, N., Abid, S., & Septaria, S. (2018). Improving the Ability of Writing a Narrative Charge by Using Animated Images Media Student Class V.B SD Negeri 17 Lubuklinggau. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 116. doi:10.21009/bahtera.172.9

Noermanzah, N., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2017). Variety of Rhetorics in Political Speech President of the Republic of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field. Humanus, 16(2), 221. doi:10.24036/humanus.v16i2.8103

Richards, J. C. & Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Ur, P. (2000). A Course of Language Teaching:Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Yan, G. (2006). Genre and the Language Learning Classroom. English Teaching Forum, 43(3).

Published

2020-02-10