Sikap dan Pemertahanan Bahasa Indonesia di Kalangan Akademisi (Tinjauan Deskriptif terhadap Fenomena Pemakaian Bahasa Indonesia)

Tri Astuti(1),
(1) STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia

Abstract


Sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara, bahasa Indonesia harus terus dibina dan dikembangkan agar menjadi bahasa yang modern, yaitu bahasa yang sanggup mengemban fungsinya sebagai sarana komunikasi dalam berbagai segi kehidupan. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagai pemakai bahasa Indonesia, kalangan akademisi (termasuk akademisi STKIP-PGRI Lubuklinggau) yang menjalankan fungsinya sebagai agent of change dan agent of development, harus menjadi contoh dalam upaya pemertahanan bahasa, dengan cara bersikap positif dalam menggunakan bahasa Indonesia. Sikap positif dalam berbahasa Indonesia dapat ditunjukkan dalam bentuk kesetiaan berbahasa, kebanggaan berbahasa, dan kesadaran adanya norma bahasa. Namun sayang, sikap kesetiaan, kebanggaan, dan kesadaran ini tampaknya masih kurang dimiliki oleh kalangan akademisi di perguruan tinggi. Ada kecenderungan mereka merasa lebih bangga bila bisa menggunakan bahasa asing dibandingkan dengan bahasa sendiri. Di samping itu juga, adanya anggapan bahwa bahasa Indonesia itu mudah karena sudah digunakan dalam berinteraksi sehari-hari sehingga timbul sikap meremehkan, tuna harga diri, akibatnya banyak terjadi pelanggaran terhadap norma bahasa dan ironisnya itu dianggap hal yang biasa.

Kata kunci: sikap, pemertahanan, bahasa Indonesia, kalangan akademisi


References


Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Garcia, M. (2003). Recent Research in Langage Maintenance. Annual Riview of Aplied Linguistics, pp 22-23. USA: Cambridge University Press.

Garvin, P. L. & Mathiot M. (1968). The Urbaization of the Guarani Language. Problem in Language and Culture, dalam Fisman J.A. (Ed) Reading in Tes Sosiology of Langage, Mounton, Paris-The Hague.

Jendra, M. I. I. (2012). Sosiolinguistics the Study of Scienties Language. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kridalaksana, H. (2001). Pengembangan Ilmu Bahasa dan Pembinaan Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Moeliono, A. M. (1988). Sikap Bahasa yang Bertalian dengan Usaha Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Makalah dalam Kongres Bahasa V. Jakarta: Depdikbud.

Poedjosoedarmo, S. (2001). Filsafat Bahasa. Surakarta: Muhammadyah University Press.

Sumarsono & Partana, P. (2002). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Suwardjono. 2008. Peran dan Martabat Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Ilmu. http://luk.staff.ugm.ac.id./ta/Suwardjono/PeranMartabatBI.pdf.

Wijayana, I. D. P. (2011). Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.