Interferensi Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Bengkulu

Irma Diani(1), Wisma Yunita(2), Syafryadin Syafryadin(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Interferensi merupakan salah satu bentuk penyimpangan dalam berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk interferensi bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris yang terjadi pada mahasiswa Universitas Bengkulu yang sedang mengambil Matakuliah Bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menjelaskan faktor penyebab terjadinya interferensi bahasa Indonesia saat berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa rekaman video mahasiswa saat berbicara bahasa Inggris. Data utama adalah tuturan mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui teknik rekam. Setelah data direduksi dan diklasifikasi, selanjutnya data ditranskripsi secara ortografis dan fonetis untuk melihat kesalahan bunyi yang diucapkan mahasiswa. Hasil penelitian ini memperlihatkan sejumlah bentuk interferensi seperti bunyi vokal [?] diucapkan menjadi [a] seperti pada kata what, bunyi vokal [?:] diucapkan menjadi [u] seperti pada kata you, bunyi vokal [?:] diucapkan menjadi [a] seperti pada kata pardon, dan seterusnya. Faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi bahasa, ada dua yaitu faktor kebahasaan dan nonkebahasaan.

Kata kunci: interferensi, bahasa Indonesia, kemampuan berbicara, bahasa Inggris


References


Abdulhayi. (1985). Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia dalam Bahasa Jawa. Yogyakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Adisumarto, M. (1993). Pengantar Dasar-Dasar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Ahmad Dahlan.

Alwasilah, A. C. (1985). Sosiologi Bahasa (Edisi 1). Bandung: Angkasa.

Budiarti, A. (2013). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris pada Abstrak Jurnal Ilmiah. Bahasa dan Seni, No. 1.

Chaer, L. A. (1995). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitri, A. (2010). Pengaruh Bahasa Ibu terhadap Penggunaan Bahasa Asing. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hu, C. (2015). Mother Thongue Interference in English Language Pronunciation of the Chinese Immigrant in United States. Diambil kembali dari repository@usfca.edu: http://repository.usfca.edu/capstone

Kridalaksana, H. (1982). Fungsi dan SIkap Bahasa. Ende,Flores: Nusa Indah.

Maisaroh, S. (2018). Interferensi Sintaksis Bahasa Ibu Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Syaikhuna, 9 (2), 157.

Malmberg, B. (1963). Phonetics. New York: Dover Publivation Inc.

Marsono. (2008). Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mustikawati, D. A. (2013). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Pemakaian Bahasa Inggris Wacana Tulis SIswa di SMPBI 1 Jetis Ponorogo. Ponorogo: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (1). pp. 105-115. I.

Nor Ashikin Ab Manan, Z. M. (2017). Mother Tongue Interference in The Writing of english as Second Language (ESL) Malay Learner. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1294-1301.

Noworini. (2002). Interferensi Fonologis Bahasa Indonesia dalam Bahasa Perancis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Sarim, p. (2005). Perbandingan Sistem Fonologis Bahasa Thai dan Bahasa Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Solano, Paola Alexandra C., Fernando Gonzalez Torres, P., Augusto Ochoa Cueva, C., Lucia Quinonez Beltran, A., Mercedes Castillo Cuesta, L., Mercedes Solano Jaramillo, L., Olivia Arias Cordova, M. (2014). Spanish Interference in EFL Writing Skills: A Case of Ecuadorian Senior High Schools. English Language Teaching, 7(7). doi:10.5539/elt.v7n7p40

Sutopo, H. B. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Linguistik. Solo: Henari Ofset.

Swan, M. (2014). The Influence of the Mother Tongue on Second Language Vocabulary Acquisition. Diambil kembali dari www.mikeswan.co.uk: http://www.mikeswan.co.uk


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.