Puisi Cinquain: Media Pembelajaran dalam Menulis Teks Deskripsi

Authors

  • Muhammad Fadhli Universitas Bengkulu
  • Sufiyandi Sufiyandi Universitas Bengkulu

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sekaligus hasil pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penggunaan puisi Cinquain sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada keterampilan menulis teks deskripsi. Adapun beberapa manfaat dari penerapan puisi Cinquain dalam proses pembelajaran yang akan dirincikan dalam artikel ini diantaranya adalah sebagai berikut: a) dapat membantu meningkatkan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif untuk mencapai tujuan pembelajaran, b) memudahkan siswa dalam menggabungkan berbagai ide pokok menjadi satu karangan yang keheren dan kohesif, c) memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlatih dalam menulis teks deskripsi dengan berbagai tema yang berbeda; dan d) memudahkan siswa dalam memahami bagian-bagian teks deskripsi secara lebih terperinci. Selanjutnya, langkah-langkah penerapan puisi Cinquain dalam proses pembelajaran juga disajikan dalam artikel ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa puisi Cinquain dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif dalam peningkatan keterampilan siswa menulis teks deskripsi.

Kata kunci: puisi cinquain, media pembelajaran, menulis teks deskripsi

Author Biographies

Muhammad Fadhli, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu

Sufiyandi Sufiyandi, Universitas Bengkulu

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu

References

Alwasilah, A. C. & Alwasilah, S. S. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Gonzales, D. (2010). Poetic magic: Turning free writing into verse. A study of the list poem, the Diamante, the Cinquain, the Quatrain, the Fibbonacci, and the Triolet. AMS Fall 2010 Conference. Retrieved from www.debbiegonzales.com

Harmer, J. (2007). How to Teach Writing. England: Pearson Education Limited.

Janeczko & Paul, B., ed. (2014). Firefly July: A Year of Very Short Poems. Cambridge: Candlewick Press.

Kautzer, K. (2012). Cinquains. WriteShop, Inc. Ontario. Retrieved from http://www.writeshop.com

Nesbit, K. (2008). How to Write a Cinquain Poem. Retrieved from: http://www.poetry4kids.com /blog/lessons/how-to-write-a-cinquain-poem/

Northern Territory of Australia. (2006). Poetry. Department of Employment, Education and Training. Retrieved from https://portal.latis.net.au

Norton, D. E. (1991). Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children’s Literature. New York: Macmillan Publishing Company.

Putria, W., & Ayusmar. (2013). The Effectiveness of Using Cinquain Poetry in Promoting a Creative Writing Toward the Third Year of Elementary Students in LIA Stephanie Elementary School. BINUS University. Jakarta.

Simons, L. M. B. (2014). Cinquain Poems. The child worlds. Mankato.

Susikaran, R. S. A. (2013). Teaching Grammar with Playful Poems. International Journal on Studies in Language and Literature (IJSELL), 1(4), 17-21.

Published

2020-02-10