Pemilihan Strategi Pembelajaran Bahasa yang Efektif dan Tepat pada Pendidikan Dasar sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013

Authors

  • Noermanzah Noermanzah Universitas Bengkulu
  • Ira Maisarah Universitas Bengkulu

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang strategi pembelajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang efektif dan tepat pada pendidikan dasar sebagai wujud implementasi Kurikulum 2013. Metode penulisan menggunakan metode tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari beberapa data referensi, seperti buku, prosiding, dan jurnal. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: reduksi data, seleksi data, sintesis, interpretasi, dan kesimpulan. Uji keabsahan data mengunakan triangulasi sumber data. Hasil penulisan makalah yaitu dalam menetapkan strategi pembelajaran bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang efektif dan tepat perlu memperhatikan komponen-komponen pembelajaran dan pendekatan yang digunakan pada kurikulum 2013 yaitu pendekatan ilmiah (scientific approach). Strategi pembelajaran yang efektif dan tepat yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa, di antaranya: inkuiri (inquiry), jigsaw, karyawisata, bercerita berpasangan, dan bermain peran (role play).

Kata kunci: pemilihan, strategi pembelajaran bahasa, pendidikan dasar, Kurikulum 2013

Author Biographies

Noermanzah Noermanzah, Universitas Bengkulu

Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

Ira Maisarah, Universitas Bengkulu

Dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Bengkulu

References

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Karto, Suhartono, Susetyo, Noermanzah, Maisarah, I. (2019). The Differences Ability in Writing Descriptive Texts by Using Chain Writing and Conventional Methods. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 2718.

Kurinasih, I & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning:Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 277. http://repository.unib.ac.id/11133/

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Published

2020-02-10