Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0

Reni Kusmiarti(1), Syukri Hamzah(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Pendidikan 4.0 sebuah program untuk mendukung terwujudnya pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses, dan relevansi memanfaatkan teknologi dalam mewujudkan pendidikan kelas dunia. Tujuannya untuk menghasilkan siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif. Di era ini diperlukan kemampuan literasi, baik literasi lama maupun literasi baru. Tujuan utama pembelajaran literasi mengembangkan kompetensi siswa sebagai komunikator yang kompeten dalam konteks multiliterasi, multikultural, dan multimedia melalui pemberdayaan multiintelegensi. Guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia harus mampu mendesain proses pembelajaran menjadi kekinian, kontekstual, dengan menekankan pada penguatan kompetensi literasi lama, namun harus berwawasan pada penguatan literasi baru yang menyatu dalam penguatan empat keterampilan berbahasa. Pembelajaran bahasa Indonesia yang berwawasan literasi baru dengan penguatan literasi lama akan berhasil dengan baik bila guru dan dosen bahasa Indonesia berwawasan literasi baru. Ada lima kualifikasi dan kompetensi guru yang dibutuhkan di era 4.0. yaitu educational competence, kompetensi mendidik/pembelajaran berbasis  internet of thing  sebagai  basic   skill, competence  for technological commercialization, competence in globalization, competence in future strategies, dan conselor competence.

Kata kunci: literasi, pembelajaran bahasa Indonesia, era industri 4.0

References


Axford, B. (2009). Scaffolding Literacy.Victoria: Accer Pres.

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multiliterasi; Sebuah Jawaban atas Tantangan Abad ke-21 dalam Konteks Ke-Indonesiaan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Abidin,Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi; Strategi Meningkatkan Kemampuan Litersi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. (D. M. Wijayanti, Ed.) (1st ed.). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., & Komariah, S. (2017). Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, I, 1–21.

Ibda, H. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JALABAHASA, 15(1), 48–64.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University.

Meliantina, M. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Era Industri 4.0. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120–139.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Permendikbud No. 70 Tahun 2013 Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Roysa, M. (2014). Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Penghela Peradaban Bangsa. Semarang: Duta Publishing Indonesia.

Rozak, A. (2018). Perlunya Literasi Baru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. UINJKT. Ac. Id. Retrieved from https://www. uinjkt. ac. id/id/perlunya-literasi-baru-menghadapi-era-revolusi-industri-4-0.

Saputro, F. A. (2018). Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 di Pendidikan. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/02/p8388c430-mendikbud-ungkap-cara-hadapi-revolusi-40-di-pendidikan

Suwandi, S. (2018). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis pada Kebutuhan Siswa. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5, 1–9.

Suwandi, S. (2018). Tantangan Mewujudkan Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syarifuddin, S. (2014). Information and Communications Technology Literacy. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(2).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.