Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur

Aceng Joyo(1),
(1) SMK Negeri 1 Seluma, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian mengenai penerapan literasi digital berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai pemanfaatan teknologi dan penerapan literasi digital berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat minat belajar dan literasi digital siswa Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analitis. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Teknik Komputer dan Jaringan telah dapat menguasai 5 aspek literasi digital (mengakses, menganalisis dan mengevaluasi, mencipta, merefleksi, dan bertindak) serta mengolah bacaan mengenai kearifan lokal untuk dapat mengkomunikasikan kepada orang lain. Hasil penelitan diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik atau peneliti untuk melakukan penelitian serupa yang terkait dengan penerapan literasi digital.

Kata kunci: literasi digital, kearifan lokal, pembelajaran menulis teks prosedur

References


A’yuni, Q. Q. (2015). Literasi Digital Remaja di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital pada Remaja SMP, SMA dan Mahasiswa di Kota Surabaya. Journal Universitas Airlangga, 4 (2), 224-239 http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln53e61a7e60full.pdf

Eskicumah, A., et al. (2015). Utilization of Information and Communication Technologies as a Predictor of Educational Stress on Secondary School Students. The Turkish Online Journal of Edcuational Technology, 14 (2); 241-246.

Hermiyanto, I. (2015). Literasi Digital. Tersedia: http: //www. Kompasiana.com/iinhermiyanto/literasidigital_55280e9df17e61ba098b45bc. di akses pada 21 Juli 2019.

Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian: dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Marty, P. F., et al. (2013). Scientific Inquiry, Digital Literacy, and Mobile Computing in Informal Learning Environments. Learning, Media and Technology, 38 (4), 407-428.

Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Bahasa Indonesia Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.