Pengembangan LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo

Authors

  • Sri Murti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Muhtadin Muhtadin STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo dan 2) mendeskripsikan  bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tugumulyo yang valid, praktis, dan efektif. Peneliti termotivasi melakukan penelitian pengembangan ini karena kurangnya referensi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP se-Kecamatan Tugumulyo dalam memberikan materi menulis naskah drama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. Hasil evaluasi bahan ajar LKS naskah drama dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli kebahasaan, ahli kelayakan desain, ahli isi/materi. Berdasarkan analisis angket validasi ahli, bahan ajar LKS menulis drama tergolong dalam kategori baik dengan persentase 79,17%. Kepraktisan bahan ajar juga dapat dilihat dengan evaluasi one to one kepada 3 siswa dalam bentuk wawancara dan evaluasi kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa berupa angket. Bahan ajar yang telah dievalusi oleh uji one to one dari tiga orang dan keompok kecil  berjumlah 6 orang dapat diketahui tergolong baik dengan persentase 76,72%. Pengembangan Bahan ajar menulis naskah drama efektif meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Se-Kecamatan Tugumulyo, dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar menulis naskah drama yang ujikan.

Kata kunci: pengembangan, LKS, menulis naskah drama

Author Biographies

Sri Murti, STKIP PGRI Lubuklinggau

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Lubuklinggau

Muhtadin Muhtadin, STKIP PGRI Lubuklinggau

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Lubuklinggau

References

Amri, S. & Ahmadi, L. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Djamaris, E. (1993). Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik: Sastra Indonesia Lama. Jakarta: Balai Pustaka.

Endraswara, S. (2011). Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CARS.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 282. http://repository.unib.ac.id/11133/

Nugroho, A., Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Xaverius Tugumulyo. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 3. doi:10.22219/kembara.v5i1.8352

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Riantiarno, N. (2003). Menyentuh Teater Tanya Jawab Seputar Teater Kita. Jakarta: Sampoerna.

Rozak, A., dkk. (2007). Kamus Sastra. Yogyakarta: CARS.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Susetyo. (2010). Penelitian Kuantitatif dan PTK. Bengkulu: UNIB.

Published

2020-02-10