Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berbasis Karakter Menggunakan Media Pembelajaran VideoScribe

Authors

  • Winda Dwi Hudhana Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerita pendek berbasis karakter menggunakan media pembelajaran VideoScribe siswa Kelas X IPS 1 SMA 19 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA 19 Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis cerita pendek melalui media pembelajaran VideoScribe terdapat peningkatan. Pada pratindakan rata-rata hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata 60 dari KKM 70 sehingga 100% peserta didik belum tuntas. Sedangkan pada siklus I setelah diterapkan penggunaan media VideoScribe, terdapat peningkatan hasil belajar menjadi rata-rata 72 dari KKM 70. Peserta didik yang telah menguasai keterampilan menulis cerita pendek yaitu 86%, dan 15% belum menguasai keterampilan menulis cerita pendek.

Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis cerita pendek, berbasis karakter, VideoScribe

Author Biography

Winda Dwi Hudhana, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang

References

Helda, T. (2017). Menulis Teks Cerita Pendek Berbantuan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VII SMP Islam Khaira Ummah Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). doi:10.22202/jg.2017.v3i2.2186

Hudhana, W. D. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 33. doi:10.22437/pena.v9i1.6839

Hudhana,W. D. (2015). Pengenalan Budaya dan Pembentukan Karakter Melalui Folklor pada Anak Usia Dini. Jurnal Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20 (1), 114-122.

Irawan, D. & Sukmana, E. (2019). Menulis Cerita Pendek dengan Metode Outdoor Learning. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 3 (1), https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/GDG/article/view/12498/11383

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N. N. (2017). Plot in a Collection of Short Stories “Sakinah Bersamamu” Works of Asma Nadia with Feminimism Analysis. Humanus, 16(1), 29. doi:10.24036/jh.v16i1.7015

Purawinangun, I. A. (2019). Menggali Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal melalui Cerita Rakyat. Jurnal Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8 (2), http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1785

Purnomo, F. S. (2016). Analisis Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin Produksi Les Copaque Tahun 2010. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 142–143. doi:10.33369/diksa.v2i2.3411

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 387. doi:10.24042/djm.v1i3.3061

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zain, S., Kasau, M. N. R., & Suhartini, S. (2017). Efektivitas Teknik Pengandaian Diri dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(2), 101. doi:10.26858/retorika.v10i2.4856

Published

2020-02-10