Sikap Berbahasa, Pemertahanan Bahasa, dan Peran Generasi Milenial terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia

Authors

  • Intan Sari Ramdhani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Enawar Enawar Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap pemertahanan bahasa dan peran generasi milenial terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Metode penulisan menggunakan tinjauan pustaka dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber data dari beberapa referensi. Dari hasil analisis bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia mencerminkan jati diri bangsa Indonesia. Oleh karena itu, bahasa Indonesia perlu dipelihara dan digunakan dalam berkomunikasi pada generasi milenial yang telah banyak terkontaminasi bahasa asing, sikap, dan pemertahanan bahasa perlu digalakkan. Sikap bahasa yang baik adalah sikap yang positif yaitu sikap menghormati bahasa terhadap peran dan kedudukan bahasa Indonesia, pemertahanan bahasa yang baik adalah pemertahanan bahasa yang aktif artinya mengutamakan bahasa Indonesia, meningkatkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia dan menjaga bahasa Indonesia dengan cara selalu menggunakannya. Selain itu, sikap pemertahanan bahasa Indonesia juga bisa dilakukan dengan mengembangkan bahasa Indonesia yaitu membangun eksistensi bahasa Indonesia dalam dunia Internasional melalui pemanfaatan karakter generasi milenial yang visioner dan menguasai teknologi.

 

Kata kunci: sikap berbahasa, pemertahanan bahasa, peran generasi milenial, perkembangan bahasa Indonesia

Author Biographies

Intan Sari Ramdhani, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang

Enawar Enawar, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang

References

Arifin, Z. dan Stasai, A . (1985). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Antar Kota.

Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hidayatullah, S. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(2), Universitas Merdeka Malang.

Mutoharoh, M., Sulaeman, A., & Goziyah, G. (2018). Interferensi Morfologi dalam Karangan Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(1), 87. doi:10.31540/silamparibisa.v1i1.10

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, hh. 274-275. http://repository.unib.ac.id/11133/

Noermanzah, N. (2017). A 1.4 Year Old Child Language Acquisition (Case Study on a Bilingual Family). PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 5(2), 146. https://doi.org/10.14710/parole.v5i2.154

Rudiwantoro, A. (2018). Langkah Penting Generasi Millennial Menuju Kebebasan Finansial melalui Investasi. Jurnal Moneter., Vol. 5.

Sulaeman, A. (2017). Structure of Sunda in Tangerang Regency and the Territory of Use. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 20. doi:10.24235/ileal.v3i1.1555

Sumarsono. (2007). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surahman, W. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Tarigan, H. G. (1985) Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2020-02-16