Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • Indah Seftiani Universitas Bengkulu

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan era teknologi yang membawa perubahan signifikan cara hidup seseorang. Era revolusi industri 4.0 telah merambah hingga ke dunia pendidikan. Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan memberikan banyak manfaat bagi pendidik, yaitu memudahkan pendidik dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, penggunaan teknologi dapat memberikan kemudahan pada pendidik dalam melakukan evaluasi pembelajaran dengan cara yang baru dan tidak monoton sehingga dapat tercapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, aplikasi Kahoot merupakan alat evaluasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan di era revolusi industri 4.0. Aplikasi Kahoot dapat digunakan dengan terhubung oleh jaringan internet. Adapun jenis instrumen evaluasi adalah tes dan nontes. Instrumen yang dapat digunakan dalam evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot adalah jenis tes.

Kata kunci: alat evaluasi, pembelajaran interaktif Kahoot, era industri 4.0

Author Biography

Indah Seftiani, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Bengkulu

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2004). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains untuk SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Diunduh 27 September 2019 dari http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI%20CAHYA%20KURNIA.pdf.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Jihad & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif dalam Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018. doi:10.24071/snfkip.2018.19

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N., Abid, S., & Septaria, S. (2018). Improving the Ability of Writing a Narrative Charge by Using Animated Images Media Student Class V.B SD Negeri 17 Lubuklinggau. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(2), 118. doi:10.21009/bahtera.172.9

Prasetyo & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 18.

Sa'ud, U. S. (2015). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2020-02-16