Pendampingan Keluarga terhadap Literasi Baca Buku kepada Anak di Kecamatan Bojongloa Kaler

Authors

  • Woro Wuryani IKIP Siliwangi
  • Via Nugraha IKIP Siliwangi

Abstract

Keluarga merupakan pondasi pendidikan yang sangat penting bagi perkembangan individu sebagai anggota dari keluarga. Sistem sosial yang membentuk aturan-aturan, komunikasi, dan negosiasi antara anggota keluarga merupakan fungsi keluarga yang memiliki sejumah implikasi terhadap perkembangan dan keberadaan para anggotanya. Perkembangan yang baik dalam keluarga dapat memengaruhi perkembangan positif pada lingkungan masyarakat dan negara pada umumnya. Untuk menghasikan perkembangan keluarga yang baik diperlukan bimbingan dan peran serta orangtua dalam membentuk nilai-nilai, menentukan pola perilaku, dan menentukan cara mengekspresikan emosi anggota keluarga yang berkembang dalam siklus keluarga. Hasil penelitian ditemukan kurangnya perhatian orangtua dalam mendampingi anaknya dalam belajar dikarenakan kesibukan orangtua dan orangtua merasa cukup dengan menyekolahkan anaknya. Hal ini memengaruhi kecerdasan dan keterampilan anak, baik dari segi motivasi maupun dari hasil pembelajaran. Motivasi anak dalam belajar dipengaruhi oleh motivasi orangtua dalam mendampingi anaknya dalam belajar. Tentunya energi anak dan orangtua harus sama dan bersinergi kemajuan.

Kata kunci: pendampingan keluarga, literasi baca buku, anak

Author Biographies

Woro Wuryani, IKIP Siliwangi

Dosen IKIP Siliwangi

Via Nugraha, IKIP Siliwangi

Dosen IKIP Siliwangi

References

Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosda Karya.

Mujiburrahman, M. (2018). Konsep Keluarga Ma?la?ah Menurut Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKK NU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 10(2), 148. doi:10.14421/ahwal.2017.10203

Noermanzah, N. (2020). Pemilihan Perangkat Retorika pada Pidato Presiden Republik Indonesia dalam Mempromosikan Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 4(2). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2351

Nurihsan, A. J. (2016). Membangun Peradaban melalui Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Sahmini dan Latifah. (2019). Prosiding Riksa Bahasa XIII. Pendidikan Keluarga dan Masyarakat tentang Kesantunan Berbahasa di Kota Bandung Kecamatan Bojongloa Kaler. [Online] tersedia: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/921/835

Sari, M.H., Susetyo, Noermanzah, Wardhana, D.E.C., Kusumaningsih, D. (2020). Understanding the Level of Students' Reading Comprehension Ability. Universal Journal of Educational Research, 8(5). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080521

Saryono, D. dkk. (2017). Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kemendikbud.

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai Basis Pendidikan Pratama dan Utama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. XII(2). Hal 245-258.

Published

2020-10-21