Pembelajaran Sastra Lisan Berbasis Soft Skill dalam Penerapan Literasi Digital

Authors

  • Dwi Rohman Soleh Universitas PGRI Madiun

Abstract

Makalah ini berisi tentang penjelasan pentingnya pembelajaran sastra lisan berbasis soft skill. Secara jelas dipaparkan dalam teori fungsi sastra lisan menurut Bascom, salah satunya sebagai alat pendidikan. Pendidikan yang dimaksudkan dalam makalah ini dipaparkan dalam fokus pada keterampilan berbahasa bagi siswa di sekolah menengah. Data-data yang ditampilkan merupakan paparan hasil wawancara mendalam dan observasi pada tokoh-tokoh masyarakat yang masih mempercayai tradisi lisan atau folklor sebagai salah satu budaya masyarakat. Selain itu, dipaparkan pula kaitan sastra lisan dengan pengembangan literasi digital. Melalui sastra lisan, dapat dikembangkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan juga menulis bagi para siswa melalui literasi digital.

Kata kunci: pembelajaran, sastra lisan, soft skill, literasi digital

Author Biography

Dwi Rohman Soleh, Universitas PGRI Madiun

Dosen Universitas PGRI Madiun

References

Bascom, W. R. (1965). Four Function of Folklore. The Study of Folklore (Alan Dundes,ed.) Englewood Cliff: NJ. Prentice Hall.Inc.

Danandjaya, J. (1994). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Fadilah, E., Pandan Y. dan Nindi A. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, 1 (1), 90-104.

Noermanzah, N., Abid, S., & Aprika, E. (2018). Pengaruh Teknik Send a Problem terhadap Kemampuan Menulis Daftar Pustaka Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 172. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.273

Noermanzah, N., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2017). Variety of Rhetorics in Political Speech President of the Republic of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field. Humanus, 16(2), 221-222. doi:10.24036/humanus.v16i2.8103

Putri, D. M. & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Media Sosial Line Webtoon terhadap Minat Membaca Komik pada Mahasiswa Universitas Riau. JOM FISIP, 5(1).

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad dalam Memotivasi Siswa untuk Menulis Cerita. Jurnal Interaksi, 3(1), 58 – 65.

Sarwono, S., Rahayu, N., Purwadi, A. J. Noermanzah. (2020). Kayiak Beterang Ritual: The First Social Life Learning of the Serawai Girls. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1), 1278-1280, http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-0120-28497

Sudikan, S.Y. (2014). Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang Grup.

Tarigan, H.G. (1990). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wurianto, A. B. (2017). Literasi Sastra dalam Masyarakat Belajar (Learning Society), Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra) Edisi 1 Tahun 2017, Halaman 24-29 E-ISSN 2599-0519.

Published

2020-10-21