Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum

Editorial Policies

Focus and Scope

Lingkup dan Fokus Penulisan (Scope & Focus Article) yang dipublikasikan dalam jurnal ini meliputi  topik-topik sebagai berikut:

  • Hukum Perdata; 
  • Hukum Pidana;
  • Hukum Tata Negara;
  • Hukum Administrasi; 
  • Hukum Ekonomi dan Bisnis;
  • Hukum Lingkungan;
  • Hukum Adat;
  • Hukum Perlindungan Perempuan dan Anak;
  • Hukum Internasional; 
  • Hukum Acara;
  • Hukum Kekayaan Intelektual; 
  • Hukum Ketenagakerjaan;
  • Sosiologi hukum;
  • Hukum Islam; 
  • Hukum Konstitusi; dan
  • sebagainya yang berhubungan dengan masalah-masalah hukum.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Peer Review Process

Peer Review Process : Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum

Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum  terbit secara electronic sebagai Open Journal System (OJS) sejak tahun 2017 di bawah pengelolaan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu. Dalam upaya peningkatan dan pemutakhiran pengelolaan jurnal, maka sejak tahun 2018 Jurnal ini dikelola oleh Pusat Data, Informasi dan Publikasi Fakultas Hukum Universitas Bengkulu.

Frekuensi penerbitan Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum dua (2) kali setahun, secara periodik pada bulan Januari dan Agustus.  Semua artikel yang dipublikasikan melalui peer review process yang dilakukan oleh Board of editors dan Reviewers baik editor dan reviewer internal maupun eksternal.

Peer-Review Process diawali dengan telaah yang berkaitan dengan ketepatan pemenuhan persyaratan Author Guidelines atau panduan penulisan artikel serta review journal template oleh Board of Editors atau Dewan Redaksi baik internal maupun eksternal. Editor bertugas secara seksama memeriksa dan memastikan bahwa artikel yang sedang ditelaah memenuhi Author Guideline dan Template Journal. Selanjutnya editor bertugas memberikan hasil penilaian dengan mengisi formulir hasil penilaian atau form penilaian. Proses berikutnya,  tim editor mengembalikan artikel sesuai hasil telaah dari Board of Editor apabila artikel masih belum memenuhi Author Guideline maupun Template Journal untuk direvisi oleh penulis.

Dalam proses telaah oleh Editorial Team, dilakukan juga telaah berkaitan dengan pengecekan similarity dan/atau plagiarism dengan menggunakan Turnitin dan/atau plagiarism tools lainnya. Artikel yang telah memenuhi persyaratan proses review dari tim editor, dilanjutkan dengan proses review oleh reviewer. Editor bertugas mengirim artikel secara electronic kepada para reviewers baik reviewer internal maupun eksternal. 

Internal reviewer maupun external reviewer yang melakukan Peer review process bertugas menelaah dan menilai substansi artikel, membantu penulis dengan memberikan komentar dan masukan - masukan baik yang berkaitan dengan state of arts maupun komponen substansi relevan lainnya.  Pelaksanaan proses review menggunakan double blind review.  Proses review secara etika dilaksanakan untuk substansi artikel, kritik dan masukan dilakukan secara obyektif. Reviewer menyajikan pandangan serta  masukan secara jelas yang didukung oleh argumentasi  yang jelas. Kritik terhadap pribadi penulis merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak pada tempatnya dilakukan oleh reviewer selama dalam proses me-review pada jurnal ini.

Reviewer secara detail  bertugas mengidentifikasi  dokumen hukum, konsep, teori maupun hasil studi erdahulu yang relevan yang digunakan penulis untuk mengkaji dan menganalisis. Reviewer bertugas juga mengidentifikasi  sumber-sumber bacaan atau hasil studi  yang relevan yang belum  dikutip oleh penulis.

Keseluruhan proses review dilakukan secara electronic. Sesudah tahap  peer review process dari reviewers selesai, kemudian Editor Jurnal memutuskan artikel yang layak dipublikasikan, dengan mempertimbangkan hasil telaah awal dari tim editors, validitas artikel dari hasil reviewers, kemanfaatan maupun kontribusi substansi artikel dalam rangka pengembangan ilmu hukum bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi, khususnya berkaitan dengan pengembangan substansi hukum secara lokal, nasional, maupun internasional. Tahap akhir dari peer review process adalah accepted dan copy editing dan publikasi.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Benefits of open access for the author, include:

  • Free access for all users worldwide
  • Authors retain copyright to their work
  • Increased visibility and readership
  • Rapid publication
  • No spatial constraints

However, works/articles in this journal as are bound to Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethic

Publication Ethic of Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum

Publication Ethic

Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum sudah terbit secara electronic sebagai Open Journal System (OJS) dibawah pengelolaan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Bengkulu. Dalam rangka peningkatan pengelolaan jurnal, maka sejak tahun 2018 jurnal ini dikelola oleh Pusat Data, Informasi dan Publikasi (PUSDATIN) Fakultas Hukum Universitas Bengkulu.

Pengelolaan Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum dikelola sesuai dengan publication ethic journal, yang berkaitan dengan Open Access Policy, Frequency Publications, Board of Editor Policy Ethic, Reviewer Policy Ethic, Authors Policy Ethic.  Mengacu pada publication ethic yang telah ditetapkan maka jurnal ini terbit berbasis OJS.   Artikel yang dipublikasikan melalui proses review dari Board of Editors, proses   review dari  tim reviewers baik internal maupun eksternal. Artikel yang dipublikasikan sesuai dengan focus & scope journal yang ditulis oleh penulis berdasarkan Author Guidelines dan Template Journal.

Open Access Policy Ethic

Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum adalah jurnal electronic yang berbasis Open Access Journal, oleh karena itu secara etika artikel jurnal ini dapat diakses secara terbuka oleh pembaca. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan penyebaran ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan hasil-hasil studi bidang hukum, baik dalam ranah lokal, nasional maupun internasional.

Publication Decisions

Editor Jurnal Supremasi Hukum: Jurnal Penlitian Hukum bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang diserahkan ke jurnal yang harus dipublikasikan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat bekerja sama dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Fair Play:

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosofi politik penulis.

Confidentiality

Editor dan staf editorial mana pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, pengulas, calon pengulas, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

Disclosure and conflicts of interest

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang dikirimkan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Pernyataan berikut ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel untuk Jurnal Supremasi Hukum: Jurnal Penlitian Hukum, yaitu: penulis, editor, dan peer reviewer.

Duties of the Editorial Board 

Publikasi artikel dalam Jurnal ini melalui proses Peer-Review Process yang diawali dengan telaah dan review journal template oleh Board of Editors atau Dewan Redaksi sebagai berikut:

  • Board of Editor baik internal maupun eksternal bertugas memeriksa dan memastikan secara seksama bahwa artikel yang sedang ditelaah harus memenuhi Author Guideline dan Template Journal.
  • Proses ini dilakukan secara single blind reviewer secara bertahap menuju double blind reviewer.
  • Editor bertugas memberikan hasil telaah atau hasil penilaian dengan mengisi formulir hasil penilaian / format penilaian.
  • Managing Editor bertugas mengembalikan artikel sesuai hasil telaah dari Editors manakala artikel masih belum memenuhi Author Guidelines dan Template Journal serta etika publikasi untuk penulis.
  • Dalam proses telaah oleh Editorial Team, juga dilakukan pemeriksaan berkaitan dengan pengecekan similarity dengan menggunakan Turnitin dan/atau plagiarism tools lainnya.
  • Managing editor bersama-sama dengan Editor in Chief bertugas dan bertanggungjawab melakukan proses artikel yang sudah memenuhi persyaratan penilaian Author Guideline dan Template dengan tindak lanjut proses review  oleh reviewers, baik reviewer internal maupun reviewer
  • Keseluruhan proses telaah artikel oleh Board of Editors dilakukan secara elektronik, dan editor secara etika bertugas  dan bertanggungjawab menjaga kerahasiaan keseluruhan proses telaah ini, kecuali untuk kepentingan penulis dan proses publikasi jurnal pada jurnal ini.  Artikel yang belum dipublikasikan tidak boleh digunakan dalam penelitian dan publikasi editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.
  • Editor Jurnal bertugas untuk memutuskan artikel yang layak dipublikasikan, dengan mempertimbangkan hasil telaah awal dari tim editors, validitas artikel dari hasil reviewers, kemanfaatan maupun kontribusi substansi artikel dalam rangka pengembangan ilmu hukum bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi, khususnya berkaitan dengan pengembangan substansi hukum baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

Duties of Reviewers

Dalam jurnal ini, semua artikel yang dipublikasikan melalui proses peer review yang dilakukan oleh internal reviewer   dan external reviewer yang memiliki kompetensi keilmuan sesuai dengan artikel yang dipublikasikan. Reviewer bertugas menilai substansi artikel, membantu penulis melalui komentar dan masukan -masukan baik yang berkaitan dengan state of arts maupun komponen substansi relevan lainnya.  Proses review dilaksanakan menggunakan menggunakan double blind review.  Proses review secara etika dilaksanakan untuk substansi artikel, kritik dan masukan dilakukan secara obyektif.  Reviewer  memberikan penilaian,  pandangan serta  masukan secara jelas yang didukung oleh argumentasi  yang jelas. Kritik terhadap pribadi penulis merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak pada tempatnya dilakukan oleh reviewer selama dalam proses me-review pada jurnal ini.

Reviewer bertugas secara detail menilai serta mengidentifikasi  relevansi dokumen hukum, konsep, teori maupun hasil studi relevan terdahulu yang digunakan penulis untuk mengkaji dan menganalisis. Reviewer juga bertugas mengidentifikasi  sumber-sumber bacaan atau hasil studi  relevan yang belum dikutif oleh penulis. Setiap artikel yang ditelaah oleh reviewer bersifat rahasia yang harus dijaga kerahasiaannya, secara etis korespondensi berkaitan dengan artikel tersebut untuk penulis harus melalui pengelola jurnal. Proses review tidak boleh dilaksanakan oleh reviewer dalam hal ada konflik kepentingan dengan penulis. Reviewer tidak boleh menggunakan  artikel yang sedang di-review untuk kepentingannya sendiri.

Duties of  Authors

Penulis yang ingin mempublikasikan artikelnya dalam jurnal ini wajib mengikuti persyaratan sebagaimana disajikan dalam Author Guidelines dan Journal Template. Artikel yang bersumber dari hasil penelitian harus menyajikan metode penelitiannya secara jelas dan akurat sesuai dengan kelaziman metode penelitian dalam bidang ilmu hukum. Data-data yang disajikan baik dalam bentuk tabel, matrik maupun gambar harus mencantumkan sumbernya. Ketidakjujuran dalam penyampaian data maupun referensi merupakan perilaku yang tidak etis yang tidak ditoleransi dalam jurnal ini.

Berkaitan dengan orisinalitas dilakukan melalui proses Turnitin dan/atau tools lainnya, serta jika penulis  menggunakan hasil studi terdahulu untuk mendukung artikelnya harus dipastikan bahwa secara etis penggunaan karya yang dikutip sudah disebutkan sumbernya melalui mekanisme footnote yang tepat.  Penulis tidak boleh mengirim artikel yang sama pada beberapa jurnal, serta artikel yang sama yang sudah dipublikasikan di tempat lain tidak boleh diajukan pada jurnal ini, karena tindakan tersebut merupakan perilaku yang tidak etis.

Nama-nama yang dicantumkan dalam artikel sebagai penulis adalah keseluruhan orang yang berkontribusi dalam penulisan artikel tersebut. Pencantuman nama penulis yang tidak memberikan kontribusi terhadap terwujudnya artikel yang akan dipublikasikan adalah merupakan prilaku yang tidak etis.

 

Publication Charge

Jurnal ini belum membebankan biaya kepada Penulis.

 

1. Article Submission : 0.00 (IDR)

2. Article Publication  : 0.00 (IDR)

 

Indexing

Jurnal Supremasi Hukum Index by : 

1. Google Schoolar

2. Crossref