Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Desain yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada tahun akademik 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung yang dilakukan selama proses belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI. Teknik analisis data diperoleh dari pengamatan aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, data yang diperoleh dari lembar observasi digambarkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ni bisa dilihat dari lembar kegiatan guru dan siswa

 

Kata kunci: Matematika, Aktivitas, Kooperatif, Group Investigation.

 

ABSTRACT

The objective of the study was to investigate the effectiveness of the implementation of Group Investigation (GI) type cooperative learning models to increase the activity of students' mathematics lessons. The design used was a classroom action research. The subjects were the students of grade IVB of SD Negeri 81 Kota Bengkulu in the academic year of 2017/2018. Data collection techniques used was direct observations which wased during the process of learning mathematics by using GI learning models. Data analysis techniques were obtained from observations of teacher activities and observations of student activities, the data obtained from the observation sheets were described. The results of the study concluded that the application of GI type cooperative learning model could increase student activity in mathematics learning. This can be seen from the teacher and student activity sheets.

 

Keywords: Mathematics, Activity, Cooperative, Group Investigation.

Article Details

How to Cite
Agustina, D., & Puspita, H. (2020). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK DI KELAS IV B SDN 81 KOTA BENGKULU). TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11111

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdulah, Ridwan Sani.2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
  3. A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers.
  4. Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Hadari Nawawi. 1991. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  6. Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
  7. Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
  8. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika Malang: UM Press
  9. Karso; 2004 , Pendidikan Matematika ; Jakarta : Universitas Terbuka
  10. Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
  11. Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika.
  12. Yogyakarta: Universitas Sanata
  13. Dharma Marpaung, Y.(2003). “Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika dari paradigma Mengajar ke Paradigma Belajar”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di USD, 27-28 Maret 2003.
  14. R. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
  15. Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan Pembelalajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.
  16. Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Depdinas PPPG Matematika.
  17. Slameto. 2015 Belajar Dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
  18. Slavin, Robert E (2005). Cooverative learning: theory, research and practice. London : allymand bacon Slavin, Robert E. (2009). CooperatifLearning: Teori, Riset, dan Praktik (Alih bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa Media.
  19. Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000
  20. Sumantri. 2015. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama
  21. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, edisi 4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  22. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
  23. Udin S. Winaputra. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1
  24. Usman, M.Uzer. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  25. Wardani, I.G.A.K, Wilhardit, K. & Nasution, N. 2004. Penelitian Tindkaan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  26. Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Winaputra
  27. Udin S. ,2001. Model pembelajaran inovatif. Jakarta: universitas terbuka