Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Permasalahan belajar yang sering muncul pada siswa yang berada pada masa remaja sangat dipengaruhi oleh faktor psikologi siswa dan faktor lingkungan. Permasalahan belajar tersebut membuat siswa merasa terganggu dalam menerima pelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan-permasalahan belajar yang terjadi pada siswa MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah serta solusi untuk mengatasinya berdasarkan pendapat para ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan guru bimbingan dan konseling serta guru mata pelajaran matematika pada sekolah tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor penyebab masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam belajar adalah faktor lingkungan sekolah, faktor keadaan keluarga, faktor psikologi remaja, faktor guru serta tdak adanya motivasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu harus ada perhatian khusus dari pendidik. Guru harus menjadi seorang pendidik sekaligus menjadi pembimbing bagi siswa. Guru harus mengenal karakter siswa secara umum dan personal pribadi siswa secara khusus agar dapat mengatasi masalah belajar siswa dan membuat pelajaran serta suasana di sekolah lebih menyenangkan. Harus adanya kerjasama antara semua pihak yang ada di sekolah agar tercipta suasan belajar yang kondusif.

Kata kunci : Permasalahan belajar siswa remaja, faktor penyebab

 

GENERAL STUDENT LEARNING PROBLEMS AT

MTS NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

 

ABSTRACT

 

The problems of learning that frequently occur on teenager students are more likely affected by students’ psychological and environmental factors. Those learning problem cause the students find learning difficulties at school. This research is aimed to find the problems of learning that occur on the students at MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah and to get the best solution to solve those problems based on experts’ theories as well. This is a descriptive qualitative study. The data in this research is collected by interviewing school guidance counselor and math teachers. The result show that there several factors that cause the students face some problems in their learning; school surroundings, family condition, teenager psychology, teachers and student low-self motivation in learning. Therefore, there should be a certain consideration from the teachers. The teachers should fulfill their roles as an educator and a guide for their students. They should also know well the students’ characters in general as well as their personalities in detail so that they can overcome the students’ learning problems and create a more comfortable learning process and a better school atmosphere. There should be a good cooperation among the whole school elements in order to create a conducive learning atmosphere.

Keywords : problem of learning, teenager students, casual factors.

Article Details

How to Cite
Liana, E., & Hanifah, H. (2020). PERMASALAHAN BELAJAR SISWA SECARA UMUM DI MTs NEGERI 2 BENGKULU TENGAH. TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11112

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Nurihsan, Ahmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT.Refika Aditama
  3. Prayitno, Erman Amti. 2012. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Sarwono, S.W. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Slameto. 1988. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. PT Bina Aksara
  6. Sukmadinata, Syaodih . 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan .Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  8. http://agussambeng.blogspot.com/2010/10/peranan-bimbingan-dan-konseling-dalam.html
  9. http:jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/download/217/198