Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika menggunakan penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VA SD Negeri 01 Kota Bengkulu dan mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika pada siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan memecahkan masalah siswa dan data observasi model pembelajaran PBL. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika siswa kelas VA SD Negeri 01 Kota Bengkulu. hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas mangalami kenaikan menjadi 67,7 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 51,51% pada tes siklus 1. Adapun pada tes siklus 2 nilai rata-rata kelas semakin baik hingga mencapai nilai 82,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 78%. Peningkatan pada siklus 2 telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu nilai rata-rata ? 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 75% siswa. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL yang tepat dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika siswa kelas VA SD Negeri 01 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci       : problem based learning, kemampuan memecahkan masalah, soal cerita matematika.

 

ABSTRACT

 

This research aims to determine the improvement of the ability to solve problems of mathematical story problems using the application of Problem Based Learning (PBL) model for VA class students of SD Negeri 01 Bengkulu City and describe the application of the right Problem Based Learning (PBL) model so as to improve the ability to solve story problems mathematics in students. The subjects of this research amounted to 33 people. Data collection techniques used test and observation methods. The data collected in this study was data on student’s problem solving skills and PBL learning model observation data. Data analysis techniques used descriptive statistical analysis and qualitative analysis. The results of this study showed an increase in the ability to solve problems of math story problems of class VA students of SD Negeri 01 Bengkulu City. This is evidenced by the average grade increased to 67.7 with a percentage of classical completeness of 51.51% in cycle 1 test. As for the second cycle test the average grade score was getting better until reached 82.1 with classical completeness of 78%. The increase in cycle 2 has reached the expected success indicator which is an average value of ? 70 with a classical completeness of at least 75% of students. Thus, the application of the right PBL learning model can improved the problem solving ability of math story problems of VA class students of SD Negeri 01 Bengkulu City.

 

Key words        : problem based learning, ability to solve problems, math story problems

Article Details

How to Cite
Mufangati, U. A., & Juarsa, O. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL. TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11113

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Aunurrahman. 2013. Belajar dan
  3. Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  4. Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Kasbolah, Kasihani., & Sukaryana, I Wayan.
  6. Penelitian Tindakan Kelas
  7. (PTK). Malang: Universitas Negeri
  8. Malang.
  9. Kramer, Klass. 1983. Teaching Elementary
  10. School Mathematic (Forth Edition).
  11. USA: Allyn and Bacon.
  12. Okayana, Komang. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk
  13. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Metro Barat. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Lampung.
  14. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran:
  15. Mengembangkan Profesionalisme
  16. Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  17. Salma, Ummu., & Amin, Siti Maghfirotun. Profil Kemampuan Estimasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika (Volume 3 Nomor 1 Tahun 2014). Hlm. 172-180.
  18. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
  19. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  20. Jakarta: Alfabeta.
  21. Sundayana, Rostina. 2013. Media
  22. Pembelajaran Matematika. Bandung:Alfabeta.
  23. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  24. Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  25. Uno, Hamzah B., dkk. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
  26. Winarni, Endang Setyo., & Harmini, Sri. 2012. Matematika Untuk PGSD. Bandung:Rosdakarya