Main Article Content

Abstract

ABSTRACT

 

This study aims to improve the thematic learning activities of students through the application of cooperative learning model type Team Game Tournament in Class IVA SDN 09 Kota Bengkulu. This research is a classroom action research. The research design is using the reflection model. This research was conducted in two cycles. Subjects in this study were grade IVA students of SD Negeri 09 Kota Bengkulu. The research instruments used observation sheets in the form of teacher activity observation sheets and student activity observation sheets. Data from this study were analyzed qualitatively qualitative with a success indicator of 40% (13 people). The results of the study revealed that the percentage in cycle 1 reached 36% (12 people) and cycle 2 reached 75% (23 people). It can be concluded that there is an increase in thematic learning activities of students through the application of cooperative learning model type of Team Game Tournament in Class IVA SD Negeri 09 Kota Bengkulu. This indicates that the learning model that is well-processed, using a variety of models , and interesting for elementary school students can improve student learning activities.

 

Keywords: learning activities, learning models, cooperative learning type Team Game Tournaments.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran tematik siswa melalui

 

penerapan model pembelajaran cooperative learning type Team Game Tournament di Kelas IVA SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah menggunakan model refleksi awal. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif denagn indikator keberhasilan sebesar 40% (13 orang). Hasil penelitian diketahui bahwa persentase pada siklus 1 mencapai 36% (12 orang) dan siklus 2 mencapai 75% (23 orang). Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas pembelajaran tematik siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning type Team Game Tournament di Kelas IVA SD Negeri 09 Kota Bengkulu. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang diolah secara baik, dengan menggunakan model yang bervariasi, serta menarik bagi siswa sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa.

 

Kata Kunci: aktivitas pembelajaran, model pembelajaran, cooperative learning type Team Game Tournament.

Article Details

How to Cite
Meilani, R., & Arifin, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK pada Siswa Kelas IVA SD Negeri 09 Kota Bengkulu). TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11114

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Afandi, Muhamad,dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press
  3. BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP
  4. Sugiyono. 2014. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  5. Sugiyono. 2010. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  6. Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
  7. Uno, Hamzah. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  8. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.