Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika menggunakan media kubus satuan pada siswa kelas VB SD Negeri 81 Kota Bengkulu dan mendeskripsikan penggunaan media kubus satuan yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas siswa kelas VB pada pembelajaran matematika, hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus II, pada siklus I, hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran, masih terdapat beberapa aspek aktivitas siswa yang belum muncul, yaitu pada kegiatan inti aspek menciptakan aktivitas berpikir, aktivitas praktik, interpretasi, dan mengkreasi, pada siklus II, indikator keberhasilan penelitian sudah terpenuhi, sebagian besar atau lebih dari 15 orang siswa sudah melaksanakan aktivitas pembelajaran pada kegiatan pembuka, kegiatan inti, serta kegiatan penutup dengan sangat baik. Penggunaan media kubus satuan yang tepat untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika adalah dengan sistem pembagian siswa berkelompok dengan kelompok kecil, pemberian motiviasi, dan apresiasi. Dengan demikian, penggunaan media kubus satuan yang tepat dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VB SD Negeri 81 Kota Bengkulu pada pembelajaran matematika.

 

Kata kunci          : media kubus satuan, aktivitas siswa, pembelajaran matematika

 

This research aims to analyze the increase in student activity in mathematics learning using unit cube media for students of grade VB SD Negeri 81 Bengkulu City and describe the use of unit cube media that is appropriate so that it can increase student activity in mathematics learning. The subjects of this study were 29 students. Data collection techniques use observation, interview, and documentation methods. The data collected in this study are observation data of student activities and teacher activities. Data analysis techniques used qualitative descriptive analysis. The results of this research indicate an increase in the activity of VB class students in mathematics learning, this is evidenced by an increase in student learning activities in cycle II, in the first cycle, only a small number of students were active in learning, there were still some aspects of student activity that had not yet appeared, namely in the core activities aspects of creating thinking activities, practical activities, interpretations, and creation, in cycle II, the success indicators of research have been fulfilled, most or more than 15 students have carried out learning activities in opening activities, core activities, and closing activities with very good. The proper use of unit cube media to increase student activity in mathematics learning is by a system of division of students in groups with small groups, giving motiviation, and appreciation. Thus, the use of the right unit cube media can increase the activity of grade VB SD Negeri 81 Bengkulu students in mathematics learning.

 

Key words           : unit cube media, student activities, mathematics learning

Article Details

How to Cite
Febbyanty, V., & Juarsa, O. (2020). PENGGUNAAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VB SD Negeri 81 Kota Bengkulu). TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11116

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Abdurrahman, Mulyono. 2008. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  4. Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pembelajaran Matematika yang Bermakna”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 3, September-Desember 2016.
  6. Latri. 2006. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Konstruktivis dengan Menggunakan Alat Peraga di Kelas IV SDN 10 Watampone. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika SD.
  7. Muslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara
  8. Paseleng, Mila C., & Arfiyani, Rizki. 2015. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Scholaria, Vol.5, No.2, Mei 2015.
  9. Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Suandito, Billy. 2017. “Bukti Informal dalam Pembelajaran Matematika”. Al-
  11. Jabar Jurnal Pendidikan Matematika Vol.8, No.1 2017.
  12. Susilana, Rudi., & Riyana, Cepi. 2017. Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
  13. Uno, Hamzah B., dkk. 2014. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.