Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model siklus belajar 5E untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 semester dua berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dari hasil observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa menggunakan skala skor, data yang telah diperoleh dari lembar observasi data diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) penerapan model siklus belajar 5E yang tepat untuk meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu dimulai dari kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti terdiri dari Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, And Evaluation, dan kegiatan menutup pelajaran; (2) model siklus belajar 5E dapat meningkatkan aktivitas pelajaran matematika siswa. Hal ini terlihat dari analisis terhadap aktivitas guru pada pelajaran matematika yang menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 42 dengan kategori baik, kemudian meningkat rata-rata skor menjadi 50 dengan ketagori sangat baik pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 36,5 dengan kategori baik, kemudian meningkat rata-rata skor menjadi 47,4 dengan ketagori sangat baik pada siklus II.

Kata kunci: Matematika, Aktivitas, Model Siklus Belajar 5E

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effectiveness of the application of the 5E learning cycle model to improve the activity of students' mathematics lessons. The type of research used in this study is classroom action research. The subjects of this study were students of VC SDN 71 Kota Bengkulu class year 2017/2018 semester two totaling 28 students. Data collection techniques used are qualitative data from observations of student activities. Data analysis techniques obtained from observations of student activities using a score scale, the data obtained from the observation sheet data were processed descriptively. The results of the study concluded that: (1) the application of the 5E learning cycle model is appropriate to improve the mathematics learning activities of students of SDN 71 Kota Bengkulu VC class starting from the lesson opening activities, the core activities consist of Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, and Evaluation, and activities close the lesson; (2) the 5E learning cycle model can improve students' mathematics learning activities. This can be seen from the analysis of the teacher's activities in mathematics which shows that in the first cycle, the average score is 42 in the good category, then the average score increases to 50 with a very good category in cycle II. Whereas student activity in cycle I obtained an average score of 36.5 with good category, then increased the average score to 47.4 with very good categories in cycle II.

Keywords: Mathematics, Activity, 5E Learning Cycle Model

Article Details

How to Cite
Sinta, D., & Dharmayana, I. W. (2020). PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK pada Siswa Kelas VC SDN 71 Kota Bengkulu). TRIADIK, 17(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i1.11118

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Aryadi, Wijaya. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu
  3. Asri, Budiningsih. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
  4. Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya
  5. Arikunto, Suharsimi, Suharjono. Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
  6. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Ghufron, Anik. 2007. Panduan Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan UNY
  8. Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  9. Hamzah, Ali dan muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  10. Karso. 2002. Pendekatan matematika I dan II. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
  11. Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
  12. Muhsetyo, gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  13. Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarka: Bumi Aksara
  14. Noviantari, Putu Suarniti. 2015. Penerapan model pembelajaran Learning cycle “5E” Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa VIIIA SMP Negeri 3 Karangasem, Denpasar: UMD
  15. Prastiwi, Yunik Rida. 2011. Upaya Peningkatan Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pronojiwo 02 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Malang: UM
  16. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
  17. Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
  18. Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  19. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  20. Suherman, Erman, Turmudi, Didi Suryadi, Tatang Herman. Suhendra. Sufyani Prabawanto. Nurjanah, Ade Rohayati. 2003. Strategi Pembelajaran matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
  21. Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
  22. Ulya, Innarotul. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E) Dengan Pemanfaatan Alat Peraga Pada Materi Pokok Bidang Datar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Nurul Islam Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: IAIN Walisongo.
  23. UNIB, PGSD. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bengkulu: PGSD JIP FKIP UNIB
  24. Uno, B. Hamzah, Nurdin Mohammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
  25. Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:
  26. Bumi Aksara
  27. Widyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar