Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten religiusitas terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan self-esteem skala. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F yang memiliki tingkat self-esteem rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten religiusitas terhadap peningkatan self-esteem pada siswa. Hal ini terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan t = -11.987 (p<0,05). Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten religiusitas terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Kota Bengkulu. Hasil tersebut selanjutnya dibahas.

Kata kunci: layanan penguasaan konten religiusitas, self-esteem.

 

ABSTRACT

 

The study aimed to determine the effect the mastery of content religiousity to improved self-esteem in class VIII students of MTS Negeri 1 Kota Bengkulu. Data collected by self-esteem scale. The sample in this study is class VIII F who have low self-esteem levels. The results indicate a significant influence at the content religiousity mastery services forward students. The results of hypothesis testing result t = -11.987 (p<0,05). It can be concluded, there is a significant influence of the content religiousity mastery services foward self-esteem in class VIII MTS Negeri 1 Kota Bengkulu.

Keywords: mastery of content religiosity services, self-esteem.

Article Details

How to Cite
Ananda, C. F., & Dharmayana, I. W. (2020). MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN RELIGIUSITAS DI KELAS VIII MTS NEGERI 1 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 17(2). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i2.11120

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Bintari, P. N; Dantes, N; Sulastri, M. (2014). “Korelasi Konsep Diri dan Sikap Religiusitas Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang Dikalangan Siswa Pada Kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Psikologi. Volume 2 No. 1 Tahun 2014.
  3. Chomaria, Nurul. (2011). Saat Anakku Remaja, Solusi Islami Menghadapi Permasalahan Remaja. Solo: Tinta Medina.
  4. Clemes, Harris dan Bean, Reynold. (2001). Membangkitkan Harga Diri Anak (alih bahasa: Anton Adi Wiyoto). Jakarta: Mitra Utama.
  5. Dariyo, Agoes. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Dister, N. S. (1988). Pengalaman Beragama dan Motivasi Beragama. Yogyakarta: Kanisius.
  7. Ghufron, M. Nur dan Risnawita S. Rini. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Khairunnisa, Ayu. (2013). “Hubungan Religiusitas Dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja Di MAN 1 Samarinda”. Jurnal Psikologi. Volume 1 No. 2, 2013: 220-229.
  9. Marjohan. (1997). An Investigation of Factor that Influence Decision Making and Their Relationship to Self-esteem and Locus of Control Among Minangkabau Students. Disertasi. Australia: University of Tasmania.
  10. Prayitno. (2004). L.1-L.9. Padang: Universitas Negeri Padang.
  11. Rahmawati. (2010). Pengaruh Konseling Spiritual Terhadap Peningkatan Harga Diri Remaja yang Orangtuanya Bercerai. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya.
  12. Rosidah, Anis. (2012). “Religiusitas, Harga Diri dan Perilaku Seksual Pranikah Remaja”, Jurnal Psikologi. Volume 7 No. 2, Agustus 2012: 58