Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik ice breaking dan tanpa ice breaking untuk melihat pengaruh penggunaan teknik ice breaking dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa Kelas VIII F SMPN 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian Eksperimen Kuasi.. Metode analisis data menggunakan Idependent sampel Z-Tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa penggunaan teknik Ice Breaking antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki pengaruh, hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis Z-Tes yang diperoleh nilai z=-3.063 dengan tingkat signifikansi 0,002 yang berarti p<0,05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pemberian Ice Breaking dalam bimbingan kelompok antara siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol SMPN 15 Kota Bengkulu dan dari hasil post-tes terdapat perbedaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik ice breaking antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil post-tes deskriptif statistik  dengan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 77,25 dan skor rata-rata kelompok eksperimen 86,17. Dari hasil post-tes tersebut menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai skor rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kata kunci: Ice Breaking, Layanan Bimbingan Kelompok.

ABSTRACT

This research is designed to evaluate the difference between the both ways of providing group counseling service by using ice breaking technique or not, to see the effect in the implementation of group counseling to student on class VIII F in SMPN 15 Bengkulu. This research is classified as a (Quasi Experimental Study). This research is used Z-test independent sample to analyze the data. The result indicates that the used of ice breaking technique between experimental group and control group has significant effect, this is shown by the result of Z-test hypothesis testing on Z=-3,063 with level of significance 0.002 which means P<0.05 so the H0 is rejected (whereas/and) Ha is accepted. From the result above this research is shown that there is significant effect from ice breaking technique in providing group counseling service between the students in experimental groups and students in control group on SMPN 15 Bengkulu, and from the result of post-test there is difference in providing group counseling service by using ice breaking technique between experimental group and control group with an average score/value from control group are 77.25 while average score/value from experimental group are 86.17. From the post-test result shown that the value of the average score from experimental group is higher than the control group.

Keywords: Ice breaking, Group counseling service.

Article Details

How to Cite
Sary, E. S., & Sinthia, R. (2020). PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. TRIADIK, 17(2). https://doi.org/10.33369/triadik.v17i2.11125

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  3. Mardalis, (2010). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Novia, S. (2013). “Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS”. Skripsi. Bandung: F. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Universitas Pendidikan Indonesia.
  5. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: Alfa Beta.
  6. Willis, S. S. (2007). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
  7. Wulandari, R. A. (2013). “Penggaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Kemampuan Menulis Pantun” Jurnal Pendidikan. Hal 1-11.