Main Article Content

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran layanan konseling kelompok terhadap keterlibatan akademik  siswa dengan self efficacy rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini sebanyak 11 siswa dari kelas X 4 dan X 5 SMA N 8 Kota Bengkulu yang memiliki keterlibatan akademik dan self efficacy rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan akademik dan self efficacy meningkat setelah pemberian layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan keterlibatan akademik,dengan nilai Z = -2,936, p < 0,05, dan perbedaan self efficacy dengan nilai Z = -2,720, p<0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan antara skor keterlibatan akademik dan self efficacy sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok.

 

Kata kunci: Keterlibatan akademik, self efficacy dan layanan konseling kelompok

 

Abstract: This study was aimed to describe the effect of group counseling treatment toward academic engagement of students with low self efficacy. The subject was 11 (eleven) students from class X4 and X5 of Senior High School  with low academic engagement and self efficacy. Data was collected  by using questionnaire. The result showed that academic engagement and self efficacy increasing after the  group counseling treatment was applied, it was showed from the result owith Z score = -2.936, (p<0,05) between pre-test and post-test it was gotten the score of p = 0.003, it means p < 0.05 and the score of Z = -2.720, p<0,05. The results also showed that there is a significant influence between the score of academic involvement and self-efficacy before and after group counseling services.

Keywords: academic engagement, self efficacy and group counseling treatment

Article Details

How to Cite
Kurniawati, Y. H. (2020). PERAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN AKADEMIK SISWA DENGAN SELF EFFICACY RENDAH. TRIADIK, 18(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v18i1.11161

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Anwar, K. (2006). “Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skils Education) Bandung Alfabeta
  3. Azwar, S. (1997).”Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  4. Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan. Jakarta : Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktor Pendidikan Menengah Umum
  5. Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
  6. Lunandi, A. G, (1994). Komunikasi Mengenai Peningkatan Efektivitas Komunikasi Antara. Yogyakarta: Kanisius
  7. Mutadin Z. (2002) September Karakteristik Cara Belajar Individu. Tersedia di http:www.c.psikologi.com 20 September 2017
  8. Mutadin Z . (2006) Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Remaja: htm.diaskes 16 Oktober 2017
  9. Sugiono. (2011). Metode Penelitiian Bandung . CV Alfabeta
  10. Sukmadinata Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Bandung Rosdakarya
  11. Sunarti. (2014). “ Menjadi Pribadi Dewasa dan Mandiri “ Yogyakarta Kaninsius
  12. Syamsu,Y & Juntika (2004). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Winkel , W.S dan Srb i Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institus
  14. Wiryanto, M. D (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia