Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Minat membaca siswa di SMNA 1 Muko-Muko tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan perpustakaan di SMAN 1 Muko-Muko dan pembiasaan membaca yang berpengaruh pada perkembangan karakter siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII, yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan berperan dalam pelaksnaan Gerakan Literasi Sekolah. Kesimpulannya adalah penerapan pembiasaan membaca mampu mempengaruhi konsep dan perkembangan kepribadian siswa. Konsep Gerakan Litrasi sekolah mampu mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi guru dan siswa jika terdapat sinergi yang baik di lingkungan sekolah dan keluarga.

Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, karakter siswa

Article Details

How to Cite
Indiyarti, S. (2020). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah dan Tumbuh Kembang Karakter Siswa. TRIADIK, 18(2). https://doi.org/10.33369/triadik.v18i2.11396

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Agustin,S & Cahyono, B.E.H.C.(2017). Gerakan Literasi Sekolah Untuk Anak Meningkatkan Budaya Baca di SMAN 1 Geger. Jurnal Linguista. 1(2):55-62.
  3. Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan . JPII 2 (1) P:65-77
  4. Dikdasmen. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK. Dirjen Dikdasmen. Jakarta.
  5. Novitasari,D & Soejarwo.(2017). Budaya lIterasi Dalam Perspektif Manajemen Pendidikan di SMAN 3 Surabaya. Jurnal UNESA.01(01):1-10
  6. Rachmawati, T.S, Rohanda & Winoto,Y. (2017). Apresiasi Orang Tua Siswa Terhadap Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Proceding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. ISBN 978-602-19411-2-6.
  7. Sari,D.E.,Suharningsih. (2017). Hubungan Kualitas Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMKN 1, Sidoarjo, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan.Terbit 05-03: 990-1004