Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kepercayaan diri berbicara siswa kelas IX 2 rombongan belajar A di MTs Negeri 3 Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-postest.  Subjek penelitian ini sebanyak 16 siswa. Sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri berbicara dan analisis data menggunakan uji T. Hasil Penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri berbicara siswa meningkat setelah diberikan layanan penguasaan konten. Hal ini  ditunjukan dengan nilai t = -8.238, signifikansi <0.005, kesimpulan  terdapat pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kepercayaan diri berbicara siswa  sebelum dan sesudah di berikan layanan.

Article Details

How to Cite
Mustikaningrum, T. C., Hadiwinarto, H., & Sholihah, A. (2021). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI BERBICARA SISWA MTS NEGERI 3 MUKOMUKO. TRIADIK, 20(1), 20–25. https://doi.org/10.33369/triadik.v20i1.16467

References

  1. Asmara Tejo (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi. Jurnal Guindance and Counseling. Volume 7. Nomor 1. 2018.
  2. Azis M. Ali & Salam Prili Aprilia (2018). Keefektifan Layanan Informasi Berbasis Instagram Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 1. Nomor 3. 2018.
  3. Desrianty Mona, Saam Zulfan dan Raja Aprlizon (2016). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Latihan Berpidato Terhadao Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA N 14 PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiwa. Volume 3. Nomor 2. Oktober. 2016.
  4. Gutara Mohammad Yudha, Rangka Itsar Bolo dan Prasetyaningtyas Wahyu Eka. (2017). Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 3. Nomor 1. 2017.
  5. Prayitno. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling (L1- L9). Padang: UNP.
  6. Putri Delia, Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa Di Sekolah Dasar: Melalui Metode Game’s. Jakarta: Qiara Media.
  7. Sagita Aryanti, Rahardjo Susilo, Hidayati Richama. (2019). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Berbicara Didepan Kelas Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Volume 2. Nomor 2. Desember. 2019.
  8. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
  9. Taylor, R (2011). Kiat-kiat Pede Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  10. Wahyuni Sri. (2014). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Didepan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi. Vol 2. No 1. 2014