Main Article Content

Abstract

Abstrak: Pertidaksamaan satu peubah ialah bentuk matematika dengan satu peubah real yang disertai relasi urutan <, >, , dan . Peubah ialah lambang yang digunakan untuk mewakili unsur suatu himpunan. Peubah real ialah lambang yang digunakan untuk menyatakan suatu bilanga real. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta PLPG dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan. Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan penelitian ex post facto. Analisis Kesalahan menggunakan panduan analisis, dan mengelompokkan kesalahan ke dalam kesalahan berupa: fakta, konsep, operasi atau prinsip. Subjek penelitian adalah peserta PLPG tahap 2 dan tahap 3 dengan jumlah total 60 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar pretes yang memuat pertidaksamaan yang terdiri dari soal 3a, dan 3b. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: untul soal: a). Ada 38,33 % peserta tidak menjawab, ada 20 % peserta menjawab benar, ada 41,67 % peserta menjawab salah. Untuk soal b) 11,67 % tidak menjawab, 23,33 % menjawab benar, 65 % menjawab salah. Berdasarkan hal tersebut dilakukanlah analisis terhadap kesalahan peserta PLPG dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk soal 3.a) 100 % peserta salah operasi, untuk soal 3. b) 100% peserta salah prinsip

Article Details

How to Cite
Hanifah, H. (2017). ANALISIS KESALAHAN PESERTA PLPG MATEMATIKA DI FKIP UNIB TA 2017 DALAM MEYELESAIKAN SOAL PERTIDAKSAMAAN. TRIADIK, 16(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v16i1.8662

References

  1. BAHAN RUJUKAN
  2. Dimiyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineke Cipta..
  3. Dimiyati dan Mudjiono ( 1994) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Gaffar, F (2006). Guru Sebagai Profesi. Direktorat P2TK
  5. Martono (1999). Kalkulus. Bandung: Erlangga.
  6. Martono (1989). Kalkulus. Sistem Bilangan Rean dan Fungsi. Bandung. Alva Gracia
  7. Riadi (2017) Pengertian, Tujuan dan Prosedur Sertifikasi Guru. http://www.kajianpustaka.com/2017/09/pengertian-tujuan-dan-prosedur-sertifikasi-guru.html
  8. Soedjadi ( 2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Konstantasi Keadaan Masa Kini Menuju harapan Masa Depan. Jakarta:Depdikbud
  9. Sugiyono ( 2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
  10. Sunardi, dan Sujadi (2016). Sumber belajar Penunjang PLPG 2016Materi Pedagogik.
  11. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
  12. Varberg, Purcell, Rigdon (2010). Kalkulus. Edisi 9. Bandung. Erlangga