Main Article Content

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pengelolaan keterampilan kaligrafi sebagai kegiatan unggulan di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pengelola, ketua asrama, tutor keterampilan kaligrafi. Untuk membuktikan keabsahan data, dilakukan pengecekan data menggunakan triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan trianggulasi teknik. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, menemukan: (1) perencanaan, tidak adanya perencanaan keterampilan secara tertulis. (2) Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah tidak memiliki struktur organisasi keterampilan kaligrafi. (3 tutor memotivasi santri dalam keterampilan kaligrafi dengan cara memberikan hadiah seperti alat- alat melukis dan dengan cara menceritakan pengalaman dan prestasi yang pernah didapatkan tutor (4) pembinaan, fungsi pengawas dalam pembinaan keterampilan kaligrafi dimaksudkan agar santri tetap bersemangat belajar menulis kaligrafi. Proses layanan dalam pembinaan keterampilan kaligrafi meliputi pemberikan nasehat, peringatan, dan hukuman. (5) Pada tahap penilaian pengelola, pengurus dan tutor mengadakan rapat untuk membicarakan hasil ujian semester dan pencapaiannya. Standar yang digunakan dalam penilaian keterampilan kaligrafi menggunakan panduan penilaian penulisan kaligrafi. (6), pengembangan keterampilan kaligrafi meliputi menyiapkan triplek, dan kaca supaya santri belajar melukis di triplek, dan kaca tersebut yang hasilnya nanti dapat dijual.

Article Details

How to Cite
Mayangsari, D. N., Rachmat, A. Z., & Zulkarnain, R. (2017). PENGELOLAAN KETERAMPILAN KALIGRAFI SEBAGAI KEGIATAN UNGGULAN DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH. TRIADIK, 16(1). https://doi.org/10.33369/triadik.v16i1.8663

References

  1. DAFTAR RUJUKAN
  2. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
  3. Sudjana D.2010. Manajemen Pogram pendidikan untuk Pendidikan Non – formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.Bandung: Falah Prodition.
  4. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Cemerlang
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006